Journal of Education Action Research
Vol 3, No 4 (2019): November 2019

Implementasi Model Pembelajran Kooperatif Tipe STAD dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS

Suantara, I Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2019

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Ubud tahun pelajaran 2018/2019 semester II dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas III A SD Negeri 3 Ubud melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan media gambar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III A SD Negeri 3 Ubud yang berjumlah 34 orang dalam mata pelajaran IPS. Data tentang prestasi belajar siswa diperoleh dengan menggunakan metode tes dengan instrumanya yaitu berupa tes prestasi belajar. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas III A SD Negeri 3 Ubud pada semester II tahun pelajaran 2018/2019. Skor rata-rata prestasi belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata kelas prestasi belajar pada awal pembelajaran hanya mencapai 60,00, siklus I meningkat menjadi 69,11 pada siklus II menjadi 78,52. Ketuntasan klaksikal awal hanya mencapai 26,47%, pada siklus I meningkat menjadi 73,52% dan pada siklus II menjadi 94,11%.  Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Media Gambar, Prestasi Belajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...