Journal of Education Action Research
Vol 3, No 4 (2019): November 2019

Penugasan Terstruktur dengan Video Streaming Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Pembiakan Tanaman secara Vegetatif

Sukarta, Gusti Komang (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Penugasan terstruktur yakni pembelajaran dilakukan dengan strategi diskoveri inkuiri. Metode yang digunakan seperti penugasan, observasi lingkungan, atau proyek. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X ATN-1 SMK Negeri 2 Negara, pada semester genap, tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 31 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus pembelajaran , yaitu siklus I, siklus II dan Siklus III. Data hasil penelitian berupa data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar/ulangan formatif, sedang motivasi belajar siswa  dikumpulkan dengan angket berupa kuesioner. Semua data di atas dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis data menunjukan bahwa dari siklus I sampai dengan akhir penelitian (siklus III) jumlah siswa 31 orang, dengan perkembangan nilai PPK atau kognitif  dan motivasi belajar; a) Nilai Rata-rata kelas meningkat dari 80.65 menjadi 84.81 kemudian pada akhir siklus menjadi 89.52. b) Prosentase ketidaktuntasan siswa tiap siklus mengalami penurunan dari 32.62% menjadi 6.45% dan pada akhir siklus seluruh siswa sebanyak 31 siswa tuntas belajar (ketidaktuntasan 0.00%). c) Ketuntasan kelas sebagai acuan keberhasilan guru dalam pelaksanaan remedial teaching (pengulangan pembelajaran) telah meningkat, dari 67.74%, kemudian 93.55% dan pada akhir siklus menjadi 100.00%. d). Motivasi belajar siswa dengan skor 4.07 katagori  ?Sangat Baik?. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  penugasan terstrukur Video Streaming,  dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar  Pembiakan Tanaman siswa kelas X ATN-1 di SMK Negeri 2 Negara Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata Kunci: Penugasan vidio streaming, motivasi belajar, prestasi belajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...