Indonesian Physical Review
Vol. 2 No. 2 (2019)

RANCANG BANGUN SISTEM LAMPU PENERANGAN OTOMATIS MENGGUNAKAN SENSOR LIGHT DEPENDENT RESISTOR (LDR) UNTUK MENCIPTAKAN KONSEP KAMPUS HEMAT ENERGI (STUDI KASUS :UNIVERSITAS DHYANA PURA BALI)

Nyoman ngurah adisanjaya (universitas dhyana pura)
Made Murna (Universitas Dhyana Pura)



Article Info

Publish Date
30 May 2019

Abstract

Energi telah menjadi kebutuhan hidup utama manusia dalam kehidupan sehari-hari sehingga menyebabkan ketergantungan umat manusia terhadap energi tersebut. Hal ini juga dapat dilihat dari pesatnya pembangunan baik di bidang transportasi, industri dan bidang-bidang lainnya yang tentu saja memerlukan energi yang tidak sedikit misalnya energi listrik. Ketergantungan tersebut memicu terjadinya masalah, yaitu dapat terjadinya krisis energi jika tidak diimbangi dengan kebijakan penggunaan hemat energi dan tidak adanya sumber energi lain atau energi alternatif. Konsep sistem penghematan energi dapat dimulai disekitar lingkungan kampus, dengan menciptakan konsep peralatan yang menggunakan sumber listrik terkendali atau otomatis. Dalam penelitian ini lebih memfokuskan pada sistem penerangan lampu, dimana sistem penerangan ini dirancang agar dapat beroperasi secara otomatis dengan menggunakan sensor sehingga penerangannya dapat dikontrol secara otomatis, salah satunya menggunakan sensor LDR. Hasil dari penelitian ini diperoleh otomatisasi pengunaan lampu dapat dilakukan, di peroleh dari hasil pengukuran sistem yang telah berjalan. Selain itu efektifitas penggunaan energy listrik diperoleh dari pengukuran perbandingan sebelum dan setelah sistem berjalan. Diharapkan kedepannya sistem ini dapat diujicoba dalam jangka waktu yang lama agar dapat memperoleh daya tahan dan reabilitas kemampuan sistem yang baik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ipr

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Indonesian Physical Review is a peer review journal which is managed and published by Physics Departement, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Mataram. This journal is published periodically three times a year, in January, May and September. IPR is Open Accsess for all readers ...