Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar
Vol 3, No 4 (2019): November 2019

Keefektifan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Berbantu Media Puzzle terhadap Keterampilan Berbicara Siswa

Ihsan, Irfan Abdillah (Unknown)
., Muhajir (Unknown)
Saputra, Henry Januar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah masih rendahnya nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia terutama pada kemampuan berbicara siswa kelas V SD Negeri Mangunharjo Semarang serta kurangnya penggunaan model pembelajaran yang menarik sehingga antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran kurang dan siswa cenderung bersikap pasif Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran STAD berbantu media puzzle terhadap keterampilan berbicara siswa kelas v SDN Mangunharjo Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan Pretest-Posttest one-Group Design. Hasil analisis data hasil belajar Pretest dan posttest dengan uji-t bahwa diperoleh dengan nilai rata-rata pretest 52 dan rata-rata nilai posttest sebesar 80,75. Dengan N = 20,  Diperoleh thitung = 9,765272 dengan taraf signifikan 5% sebesar 1,729. Karena thitung  =9,765272> ttabel = 1,729, Maka hal ini menunjukkan bahwa uji t mempunyai efek yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat efek dari pembelajaran Model Student Teams Achievement Division (STAD) berbantu media puzzle. Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam melakukan pembelajaran dikelas agar dapat meningkatkan keaktifan serta minat belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran.  Kata Kunci: Model STAD, Media Puzzle

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JISD

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar (JISD) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan ...