Aulad : Journal on Early Childhood
Vol 2 No 2 (2019): August, 2019

Pengaruh Disiplin Sekolah terhadap Kemandirian Anak Usia Dini

Maranatha, Jojor Renta (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin sekolah terhadap kemandirian anak. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttes control group design, dengan dua grup yaitu grup ekperimen yang diberikan treatment disiplin congruent communication dan grup control yang tidak diberikan treatment atau dengan penerapan disiplin yang sudah ada di Taman Kanak-kanak tersebut. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan rating scale kemandirian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemandirian anak yang mendapatkan tretament disiplin congruent communication atau grup ekperimen lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang tidak mendapatkan treatment atau kelas control. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara disiplin sekolah dengan pola asuh terhadap kemandirian

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

aulad

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

Aulad : Journal on Early Childhood is a periodically scientific journal published by Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues on Early Childhood. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals to ...