Dalam upaya peningkatan mutu pendidikan tidak hanya dituntut kepada siswa saja untuk selalu belajar lebih giat dan tekun terutama di saat ini yang merupakan jaman globalisasi di mana perkembangannya sangat cepat yang dibarengi dengan jaman teknologi canggih yang setiap saat selalu mengalami perubahan. Supervisi klinis yang juga disebut supervisi kelas adalah suatu bentuk bimbingan atau bantuan profesional yang diberikan kepada guru berdasarkan kebutuhan guru melalui siklus yang sistematis untuk meningkatkan proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah menentukan bagaimana penerapan supervisi klinis kepala sekolah di SDN 027 Air Jernih Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu untuk meningkatkan mutu guru dalam proses pembelajaran Tahun 2018-2019 ? Apakah penerapan supervisi klinis kepala sekolah di SDN 027 Air Jernih Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu efektif dalam meningkatkan mutu guru dalam proses pembelajaran Tahun 2018-2019 ? Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa; Terjadi peningkatan mutu guru dalam proses pembelajaran setelah diberi pembinaan melalui supervisi klinis yaitu peningkatan dari 65, 50% menjadi 72, 50 % ada kenaikan sebesar = 7, 00 %; Dari sebelum pembinaan (siklus 1) dan setelah pembinaan oleh kepala sekolah sampai dengan (siklus 3) 65, 50 % menjadi 72, 50 %, dan dari (siklus 2) ke (siklus 3) juga ada peningkatan sebanyak 83, 75 % - 72, 50 % = 11, 25 %. ; Rata – rata peningkatan mutu guru dalam proses pembelajaran mulai dari sebelum diberi pembinaan sampai selesai melaksanaan pembinaan siklus III naik dari 37, 50 % menjadi 100 %.
Copyrights © 2019