Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Integrasinya
Vol 2 No 02 (2019): Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Integrasinya

Pengembangan dan Validitas Instrumen Tes Diagnostik Kemampuan Matematika pada Materi Listrik Magnet

Wibowo, Hari Anggit Cahyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes diagnostik matematika yang valid dan reliabel untuk mengukur kemampuan matematika calon guru fisika. Hal ini penting karena untuk memahami konsep fisika, mahasiswa memerlukan kemampuan matematika sebagai bahasa dalam menterjemahkan permasalahan fisika. Instrumen tes diagnostik ini dikembangkan menggunakan metode pengembangan four-D. Ada empat langkah penelitian ini: (1) define, (2) design, (3) develop, dan (4) disseminate. Proses validasi instrumen ada dua yaitu validasi ahli (ahli matematika, ahli fisika, dan ahli evaluasi) dan validasi empiris. Tiga validator ahli merekomendasikan ada 68% soal tes yang valid tanpa revisi, dan 32% harus direvisi. Berdasarkan hasil validasi empiris, sebesar 70% instrumen tes diagnostik matematika valid dan reliabel yang ditunjukkan dengan nilai alpha sebesar 0,729.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIPFI

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Integrasinya (JIPFI), merupakan terbitan ilmiah berupa hasil penelitian pendidikan, studi pustaka, analisis kritis pada bidang pendidikan fisika, miskonsepsi, penilaian, aplikasi konsep dan teori dalam pembelajaran Fisika, Integrasi nilai-nilai karakter dalam ...