cover
Contact Name
Hari Anggit Cahyo Wibowo
Contact Email
anggitpm2013@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jipfi.pend.fisika@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Integrasinya
ISSN : 26227711     EISSN : 26227576     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Integrasinya (JIPFI), merupakan terbitan ilmiah berupa hasil penelitian pendidikan, studi pustaka, analisis kritis pada bidang pendidikan fisika, miskonsepsi, penilaian, aplikasi konsep dan teori dalam pembelajaran Fisika, Integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Fisika.
Arjuna Subject : -
Articles 23 Documents
Kekeliruan Memahami Konsep Gaya, Apakah Pasti Miskonsepsi? Taqwa, Muhammad Reyza Arief
Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Integrasinya Vol 1 No 02 (2018): Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Integrasinya
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Al Hikmah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengkaji kemungkinan penyebab terjadinya kekeliruan siswa dalam menjelaskan berbagai fenomena fisis, terutama karena kurangnya kemampuan dalam memahami konsep. Tidak seperti sudut pandang miskonsepsi, teori resource yang memandang bahwa kekeliruan siswa lebih dikarenakan pemahamannya yang belum utuh lebih jarang ditilik oleh peneliti, khususnya di Indonesia. Kajian mendalam terkait penyebab kekeliruan siswa menjadi sangat penting untuk kemudian digunakan sebagai acuan sebagai rancangan pembelajaran yang berkualitas. Dalam artikel ini akan dikaji kesulitan siswa dalam memahami konsep gaya menurut perspektif teori resource, serta alternatif pembelajaran untuk mereduksi kesalahan.
Keterpisahan Dua Bentuk Hukum Pergeseran Wien Wibowo, Hari Anggit Cahyo
Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Integrasinya Vol 1 No 02 (2018): Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Integrasinya
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Al Hikmah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dua bentuk hukum pergeseran Wien pada radiasi benda hitam telah ditelaah dan didapatkan hasil bahwa pada perhitungan kita tidak dapat langsung menerapkan nilai. Hal ini dikarenakan faktor matematis yang membuat persamaan tersebut tidak berlaku atau tidak tepat. Secara matematis penurunan persamaan (3) untuk berubah menjadi persamaan (4) harus memasukkan faktor pengali  sehingga hasil yang didapatkan terdapat nilai yang tidak sama antara dan [2]. Sehingga untuk mendapatkan hasil baik nilai  maupun pada fungsi rapat energi radiasi benda hitam harus dilakukan perhitungan secara terpisah dengan menggunakan persamaan (1) atau persamaan (2).
Desain Laboratorium Based Learning dalam Pembelajaran Fisika Dasar Wilujeng, Indrawati
Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Integrasinya Vol 1 No 02 (2018): Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Integrasinya
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Al Hikmah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fisika dasar merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh setiap mahasiswa jurusan Fisika, baik murni maupun terapan. Capaian pembelajaran yang diharapkan yaitu mahasiswa mampu menguasai konsep, memiliki pengetahuan operasional, dan memiliki sikap ilmiah yang baik. Laboratorium based learning (pembelajaran berbasis laboratorium) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aspek kognitif, psikomotor, dan afektif secara sekaligus sebagaimana dengan capaian pembelajaran yang ingin dicapai. Model pembelajaran ini sangat sesuai jika diterapkan dalam pembelajaran fisika dasar, sehingga mahasiswa tidak hanya memahami konsep, namun juga mengasah keterampilan dan sikap ilmiahnya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi desain pembelajaran fisika dasar tingkat universitas dengan menggunakan model laboratorium based learning. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur. Berdasarkan studi literatur yang dilakukan, diketahui bahwa desain laboratorium based learning yang tepat untuk diterapkan pada pembelajaran fisika dasar harus memenuhi minimal lima komponen, antara lain dosen, mahasiswa, materi, media pembelajaran, dan diktat (yang terintegrasi dengan modul praktikum).
Mengembangkan Keterampilan Generik Sains Mahasiswa Guru Fisika Melalui Model Blended Learning Rohman, Agus
Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Integrasinya Vol 1 No 02 (2018): Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Integrasinya
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Al Hikmah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Model blended learning dapat diterapkan dalam pembelajaran fisika untuk mengembangkan keterampilan generik sains. Beberapa hasil penelitian tentang keterampilan generik sains mahasiswa menjadi topik pendidikan yang harus segera dicarikan alternatif solusi. Pasalnya keterampilan generik sains sangat diperlukan dalam dunia kerja. Terlebih bagi seorang mahasiswa calon guru, dimana peran guru dituntut profesional karena berhubungan dengan sumber daya manusia. Salah satu model yang menjadi alternatif solusi bagi generasi yang disebut milenial adalah model blended learning. Mahasiswa calon guru fisika seyogyanya mampu memahami materi fisika dengan baik dan juga mampu menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut dapat dicapai dengan melibatkan mahasiswa secara penuh dalam hal mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran melalui sintaks model blended learning yang meliputi: 1) mencari informasi, 2) akuisisi informasi, dan 3) sintesis pengetahuan.
Isra’ Mi’raj dalam Kajian Al-Qur’an dan Sains Ain, Trise Nurul
Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Integrasinya Vol 1 No 02 (2018): Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Integrasinya
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Al Hikmah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Nabi adalah satu-satunya manusia yang pernah menjalani peristiwa Isra’ Mi’raj, yaitu perjalan panjang dan menembus ruang dimensi lain dalam waktu yang sangat singkat. Beratus tahun setelahnya, manusia belum mampu mengungkapkan secara ilmiah bagaimana perjalanan tersebut dapat terjadi. Penelitian ini menarik karena selama ini peristiwa Isra’ selalu diasosiasikan dengan teori relativitas Einstein, padahal dilasi waktu pada teori berkebalikan dengan fakta peristiwa. Teori yang dikemukakan oleh ilmuan untuk mendukung peristiwa Isra’ Mi’raj belum dapat menjawab dengan akurat skenario peristiwa tersebut. Lebih dalam lagi, ilmuan hanya mampu menjelaskan melalui teori yang memungkinkan atau jika pun bisa pembuktian teorinya hanya dalam tataran mikroskopis.
Kecukupan Kemampuan Matematika Bagi Calon Guru Fisika Hasyim, Faiz
Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Integrasinya Vol 1 No 02 (2018): Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Integrasinya
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Al Hikmah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas terkait pentingnya kecukupan kemampuan matematika calon guru fisika. Penelitian ini bertujuan membahas pentingnya memiliki bekal kemampuan matematika yang mencukupi bagi mahasiswa calon guru fisika. Memiliki kecukupan kemampuan matematika menjadi syarat bagi calon guru fisika dalam menyelesaikan persoalaan fisika. Mahasiswa calon guru fisika bukan hanya belajar konsep fisika saja, tapi bagaimana bisa mencari hubungan matematis dari permasalah fisika kemudian menyelesaikannya. Tanpa memiliki kecakapan matematika yang memadai, calon guru fisika tidak dapat mengantarkan murid-muridnya tuntas dalam mengajarkan fisika secara menyeluruh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur. Hasil penelitian ini didapat bahwa menjadi mahasiswa calon guru fisika minimal memiliki dua jenis kemampuan matematika yaitu kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis.
Karakteristik Keterampilan Komunikasi Lisan Calon Guru Fisika Pada Mata Kuliah Fisika SMP Permatasari, Indhah
Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Integrasinya Vol 1 No 02 (2018): Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Integrasinya
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Al Hikmah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam proses pendidikan. Salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh seorang guru adalah keterampilan menjelaskan. Dalam keterampilan menjelaskan terdapat komponen menyajikan, Dalam menyajikan informasi atau materi pelajaran mencakup penggunaan intonasi, memberikan definisi yang tepat untuk istilah-istilah tertentu, dan menggunakan ilustrasi atau contoh. Artikel ini menyajikan hasil penelitian tentang karakteristik komunikasi lisan calon guru fisika, Kegiatan yang dilakukan adalah peneliti dan guru mengobservasi mahasiswa calon guru fisika STKIP Al Hikmah pada saat praktek mengajar di SMP. Berdasarkan hasil observasi, keterampilan komunikasi lisan calon guru fisika adalah baik.
Pengembangan Buku Ajar Fisika Matematika Berbasis Kajian Kritis Materi Fisika Sekolah dan Integrasi Nilai-Nilai Karakter Wilujeng, Indrawati
Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Integrasinya Vol 2 No 02 (2019): Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Integrasinya
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Al Hikmah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (658.236 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar fisika matematika berbasis kajian kritis materi fisika sekolah dan nilai-nilai karakter. Rancangan penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (four-D model) yang terdiri dari empat tahap, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu telaah dan validasi dari para ahli, serta penilaian dari mahasiswa. Validasi buku ajar melibatkan tiga ahli, yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Sedangkan uji coba terbatas terhadap buku ajar melibatkan 14 mahasiswa prodi Pendidikan Fisika STKIP Al Hikmah. Selanjutnya, data yang telah diperoleh akan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis tersebut, didapatkan hasil kelayakan dari aspek materi sebesar 83,33%, aspek media sebesar 94,35%, dan aspek bahasa sebesar 80%. Sedangkan hasil penilaian mahasiswa terhadap buku ajar yang dikembangkan menyatakan bahwa buku ajar terbaca dengan jelas dan mudah dipahami. Dari hasil analisis tersebut, maka buku ajar yang telah dikembangkan dapat dikatakan layak digunakan.
Pengembangan dan Validitas Instrumen Tes Diagnostik Kemampuan Matematika pada Materi Listrik Magnet Wibowo, Hari Anggit Cahyo
Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Integrasinya Vol 2 No 02 (2019): Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Integrasinya
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Al Hikmah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.351 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes diagnostik matematika yang valid dan reliabel untuk mengukur kemampuan matematika calon guru fisika. Hal ini penting karena untuk memahami konsep fisika, mahasiswa memerlukan kemampuan matematika sebagai bahasa dalam menterjemahkan permasalahan fisika. Instrumen tes diagnostik ini dikembangkan menggunakan metode pengembangan four-D. Ada empat langkah penelitian ini: (1) define, (2) design, (3) develop, dan (4) disseminate. Proses validasi instrumen ada dua yaitu validasi ahli (ahli matematika, ahli fisika, dan ahli evaluasi) dan validasi empiris. Tiga validator ahli merekomendasikan ada 68% soal tes yang valid tanpa revisi, dan 32% harus direvisi. Berdasarkan hasil validasi empiris, sebesar 70% instrumen tes diagnostik matematika valid dan reliabel yang ditunjukkan dengan nilai alpha sebesar 0,729.
PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA Syahbrudin, Johan
Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Integrasinya Vol 2 No 02 (2019): Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Integrasinya
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Al Hikmah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.215 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh motivasi  berprestasi  terhadap  kemampuan  pemecahan  masalah  fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berupa penelitian eks-pos-fakto. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi, pengisisan angket, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif mengggunakan statistik inferensial (uji regresi sederhana), dilanjutkan dengan uji effect size jika terbukti motivasi berprestasi berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pada taraf signifikansi 5% ada pengaruh motivasi berprestasi terhadap kemampuan pemecahan masalah fisik sebesar 9,9% (masuk kategori lemah). Berdasarkan perhitungan koefisien regresi didapat model regresi sederhananya yang berarti bahwa setiap penambahan 1% motivasi berprestasi maka kemampuan pemecahan masalah peserta didik akan meningkat sebesar 0,634.

Page 1 of 3 | Total Record : 23