Jurnal Literasiologi
Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Literasiologi

PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI I KOTA JAMBI

Yurmaida Yurmaida (TK Buah Hati Kota Jambi)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2019

Abstract

Kemampuan menulis pada anak usia dini merupakan komponen penting dalam pengembangan keaksaraan anak serta dapat digunakan sebagai prediksi dari keterlambatan membaca. Kenyataan yang penulis temukan di lapangan yaitu di TK Pertiwi I Kota Jambi kelompok B bahwa: 1) masih banyak siswa yang belum memiliki keterampilan menulis secara efektif, 2) siswa merasa cepat bosan dalam aktifitas menulis, 3) beberapa anak kesulitan dalam mengikuti pembelajaran menulis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Dalam pelaksanaannya penelitian ini terbagi atas 2 siklus yaitu siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menulis permulaan pada anak kelompok B TK Buah Hati Kota Jambi. Hal ini ditunjukkan dengan presentase ketuntasan klasikal kondisi awal ketuntasan anak mencapai 40%, siklus I mencapai 66% dan siklus II mencapai 83%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

literasiologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan ...