Menara Ilmu
Vol 13, No 4 (2019): Vol. XIII No. 4 April 2019

PENINGKATKAN KINERJA KEPALA SEKOLAH BINAAN DALAM MENGELOLA SEKOLAH DASAR MELALUI SUPERVISI KLINIS BERKELANJUTAN DI KECAMATAN GUNUANG OMEH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

MUTIRNA MUTIRNA (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2019

Abstract

Untuk mengelola sekolah secara optimal sesuai tujuan yang diharapkan, kepala sekolah harus membuat program perencanaan kerja sekolah dengan merumuskan berbagai bentuk kebijakan yang berhubungan dengan visi, orientasi, dan strategi pelaksanaan pendidikan yang efektif dan efesien serta memahami cara mencapainya. Selanjutnya kepala sekolah melakukan pengawasan, mengevaluasi pelaksanaan program tersebut dan kepala sekolah menciptakan kepemimpinan yang dapat meningkatkan SDM kependidikan yang profesional, manajemen yang efektif dan profesional, lingkungan pendidikan yang kondusif, mampu membangun kepercayaan kepada masyarakat serta membangun Sistem Informasi Manajemen (SIM) dalam mengelola sekolah untuk mendukung administrasi pendidikan yang efektif, efisien dan akuntabel. Kepala sekolah sebagai menajer dan pemimpin di sekolah diberi tugas dan tanggung jawab mengelola sekolah, menghimpun, memanfaatkan dan menggerakkan seluruh potensisekolah secara optimal untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: Apakah Supervisi Klinis dapat meningkatkan kinerja kepala sekolah dalam pengelolaan sekolah dasar di Kecamatan Gunuang Omeh. Tujuan penelitian tindakan ini adalah : ingin mengetahui sejauh mana Supervisi Klinis dapat meningkatkan kinerja kepala sekolah dalam pengelolaan sekolah dasar di Kecamatan Gunuang Omeh. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah kepala sekolah Kecamatan Gunuang Omeh, tahun 2016.Data yang diperoleh berupa lembar observasi oleh penulis dan pengamat. Dari hasil pengamatan tergambar peningkatan kinerja kapala sekolah dalam pengelolaan sekolah di Sekolah Dasar.yang berbasis IT. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Supervisi Klinis harus dilaksanakan secara rutin dan terencana sebagai usaha meningkatkan kinerja kepala sekolah dalam pengelolaan sekolah diSekolah Dasar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...