Menara Ilmu
Vol 13, No 4 (2019): Vol. XIII No. 4 April 2019

PENERAPAN KONSEP GEOMETRI DALAM MENGEMBANGKAN LOGIKA MATEMATIKA DI TK MELATI KABUPATEN PASAMAN BARAT TAHUN 2018

Citrowati, Endang (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sejauh mana TK Melati sebagai lembaga pendidikan anak usia dini di Kabupaten Pasaman Barat menerapkan konsep geometri dalam mengembangkan logika matematika anak usia dini. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mencoba melihat penerapankonsep geometri dalam mengembangkan logika matematika anak usia dini. Penelitian ini menggunakan studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dandokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah murid TK MELATI, Kabupaten Pasaman Barat. Penetuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling yaitu kelas B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan konsep geometri dalam mengembangkan kecerdasan logika metematika anak usia dinidengan pembelajaran yang bertujuan : 1. Agar anak mampu mengenal bentuk geometridengan cara guru menerangkan dan menyebutkan nama, konsep dan bentuk geometridan diulang kembali oleh anak. 2. Agar anak mampu mengelompokkan bentuk-bentuk geometri yaitu dengan menunjukkan benda dan contoh geometri oleh anak. 3. Agar anak dapat membedakan ciri geometri, contohnya menyebutkan ciri segi tiga dengan persegi. Kata kunci: penerapan konsep geometri, logika matematika, anak usia dini

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...