Menara Ilmu
Vol 13, No 9 (2019): Vol. XIII No. 9 Juli 2019

PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII.1 SMP NEGERI 2 SOLOK SELATAN TP 2018/2019 DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

Olniati Olniati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2019

Abstract

Abstrak :Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII.1 SMP Negeri 2 Solok Selatan TP 2018/2019. Lokasi penelitian adalah tempat yang digunakan dalam melakukan penelitian untuk memperoleh data yang diinginkan. Penelitian ini bertempat di SMP Negeri 2 Solok Selatan yang berlokasi di Nagari Pasar Muaralabuh Kecamatan Sungai Pagu. Waktu penelitian adalah waktu berlangsungnya penelitian atau saat penelitian ini dilangsungkan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan September 2018 semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Subyek penelitian adalah siswa-siswi Kelas VII.1 SMP Negeri 2 Solok Selatan Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 22 orang. Penelitian ini berfokus pada pokok bahasan Teks Deskripsi. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan mengisi lembar pengamatan observasi, serta memberikan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diambil beberapa kesimpulan yaitu: 1) Pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Kontekstual dapat membuat pembelajaran lebih bermakna dan membuat siswa percaya dengan yang dipelajari, serta siswa lebih aktif pada saat belajar dan tujuan pembelajaran pun dapat tercapai dengan baik, selain itu siswa menunjukan respon yang positif. Hal ini dapat dilihat dari semangat dan kemauan siswa pada saat melakukan pengamatan. 2) Pentingnya perencanaan atau RPP yang matang oleh guru terutama memilih dan penggunaan metode. Disamping itu pentingnya bimbingan dan pengawasan guru saat siswa melakukan proses pembelajaran. 3) Pelaksanaan RPP yang telah dirancang dengan baik sesuai langkah-langkah pendekatan kontekstual dapat memotivasi siswa dalam belajar Bahasa Indonesia. 4) Hasil pembelajaran siswa yang didapat baik itu dari penilaian proses dan penilaian hasil ternyata juga lebih baik. Hal ini dapat terlihat dari hasil penilaian yang telah dilakukan (dapat dilihat pada lampiran). 5) Penggunaan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran Bahasa Indonesi dapat meningkatkan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari nilai tes setiap akhir siklus. Kata Kunci: Bahasa Indonesia. Model Pembelajaran Kontektual

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...