Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keadaan ekonomi orang tuaterhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP N 5 Kota Pariaman. Adapun hipotesis yangdiajukan adalah sebagai berikut: “Pengaruh keadaan ekonomi orang tua terhadap prestasibelajar siswa kelas VIII di SMP N 5 Kota Pariaman”.Jenis penelitian ini tergolong studi korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalahseluruh orang tua siswa kelas VIII SMP N 5 Kota Pariaman. Populasi dalam penelitian inibenayak 125 orang. Besarnya sampel dalam penelitian ini adalah 25 siswa dan teknikpengambilan sampelnya menggunakan Random Sampling, yaitu diambil 20% kelas. Variabeldalam penelitian ini terdiri dari satu variabel bebas (keadaan ekonomi orang tua) dan satuvariabel terikat (Prestasi belajar). Metode pengambilan data digunakan metode angket danmetode dokumentasi.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat adanya pengaruh yang signifikan antarakeadaan ekonomi orang tua siswa dengan prestasi yang diperoleh siswa, dengan kata lain,semakin tinggi keadaan ekonomi orang tua siswa maka akan semakin tinggi peluang tingginyaprestasi siswa, sedangkan semakin rendah tingkat keadaan ekonomi orang tua maka akansemakin sedikit peluang siswa mendapatkan prestasi yang tinggi atau prestasi yang baik.Kata Kunci : Ekonomi orang tua, prestasi belajar
Copyrights © 2017