Menara Ilmu
Vol 11, No 75 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 75, April 2017

EFEKTIVITAS PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI IPA SMAN 3 PADANGPANJANG

Yudhi, Prima (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2017

Abstract

Berdasarkan analisis data nilai dan wawancara dengan guru yang mengajar di kelas XI di SMAN 3 Padangpanjang, diketahui bahwa masih banyak siswa menganggap bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit untuk dipelajari, dan siswa masih kesulitan untuk mengkomunikasikan konsep yang dimiliki siswa saat pembelajaran berlangsung dengan konsep yang telah dimiliki siswa. Pembelajaran yang berlangsung selama ini di sekolah sudah menggunakan beberapa inovasi, namun belum mengupayakan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Pada kelas yang memiliki persentase ketuntasan yang tinggi ternyata masih memiliki kemampuan komunikasi matematis yang kurang baik, siswa belum terlatih merangkai penyelesaikan permasalahan secara komunikatif sehingga jawaban yang diberikan sulit dipahami setiap pembacanya.Upaya untuk meningkatkan kemampuan ini adalah dengan menerapkan pendekatan Open-Ended dalam pembelajaran matematika. Proses pembelajaran dengan pendekatan ini mengandung serangkaian kegiatan yang dapat memfasilitasi siswa melatih kemampuan komunikasinya. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui bagaimanakah kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI IPA SMA N 3 Padang Panjang setelah diterapkan pendekatan 0pen -Ended dalam pembelajaran matematika.2). Mengetahui apakah pendekatan Open-Ended efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI  IPA 1 SMA N 3 Padangpanjang Tahun Pelajaran 2015/2016 yang diambil secara purposive sampling.Berdasarkan nilai tes awal dan tes akhir siswa diperoleh bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa pada tes awal yaitu 43,05 sedangkan pada tes akhir meningkat menjadi 83,43. dan berdasarkan perhitungan analisis kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh thitung>ttabel, yaitu thitung = 17,71 > 1,70 = t(0,05;25) maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa lebih baik setelah diterapkan pendekatan Open-Ended dalam pembelajaran matematika dibandingkan sebelum diterapkan dalam pembelajaran matematika. Selain itu kemampuan komunikasi matematis siswa juga cenderung meningkat dari tes awal sampai tes akhir.Kata Kunci : Pendekatan Open-Ended, Kemampuan Komunikasi Matematis

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...