Dalam kegiatan pembelajaran siswa sering menganggap matematika sangat sulit sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti pelajaran, jarang untuk bertanya dan mengerjakan latihan soal-soal. Untuk mengatasi hal tersebut guru telah berupaya meningkatkan cara belajar matematika secara bertahap, terstruktur, kelompok. Namun, usaha ini belum sepenuhnya meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Buktinya masih banyak hasil belajar siswa belum memenuhi KKM yang diterapkan sekolah. Salah satu solusinya adalah dengan melibatkan siswa untuk ikut berpatisipasi dalam proses pembelajaran yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing yang dapat melibatkan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, apakah aktivitas siswa meningkat dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada kelas VIII MTsN Padangpanjang Tahun Pelajaran 2014/ 2015?. Apakah hasil belajar matematika siswa pada ranah kognitif, yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa tanpa penerapan model kooperatif tipe snowball throwing dalam pembelajaran matematika di kelas VIII MTsN Padangpanjang Tahun Pelajaran 2014/ 2015?. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Hasil belajar matematika siswa pada ranah kognitif yang menggunakan model pembelajaran snowball throwing lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran snowball throwing di kelas VIII MTsN Padangpanjang Tahun Pelajaran 2014/ 2015”. Kata kunci : Kooperatif, Snowball Throwing
Copyrights © 2017