Lembar Kerja Siswa (LKS) yang selama ini digunakan disekolah belum menuntun siswa untukaktif membangun pemahamannya sendiri. Untuk itu perlu dikembangkan LKS berbasisRealistics Mathematics Education (RME) yang memberikan kesempatan kepada siswa untukmembangun sendiri pengetahuannya serta dapat mengaplikasikan konsep yang telah dipelajaridalam pemecahan masalah. Tujuan yang hendak dicapai dari upaya pengembangan ini adalahmenghasilkan LKS yang efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model McKennyyang terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary, prototyping, dan assessment. Efektivitasdilakukan oleh pakar pendidikan matematika, teknologi pendidikan dan bahasa. Data yangdiperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasispendekatan RME yang dikembangkan sudah efektif, dilihat dari prediksi efektivitas menurutpara ahli dan data empiris. Dalam hal ini, dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang lebihdari 70% mencapai KKM.Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS), Realistics Mathematics Education (RME), Efektivitas
Copyrights © 2017