Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bahan ajar multimedia berbasis PBL menggunakan 3D Pageflip Professional pada materi geometri . Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian pengembangan bahan ajar multimedia berbasis PBL menggunakan 3D pageflip profesional. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen kuasi (quasi experimental research) dengan desain The matching-only pretest-posttes control group design.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket persepsi siswa dan tes hasil belajar siswa.Dari hasil analisis post-test yang dilakukan pada kegiatan akhir pembelajaran diperoleh 90,32% nilai siswa mencapai kriteria ketuntasan minimum, hasil analisis dari angket persepsi siswa menunjukkan kategori “sangat positif” selain itu berdasarkan pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran terlihat bahwa siswa menunjukan sikap positif dan antusias yang tinggi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Ini artinya bahan ajar multimedia yang dibuat efektif digunakan untuk proses pembelajaran. Kata Kunci : Bahan Ajar Multimedia,Problem Based Learning, 3D Pageflip Professional, Geometri.
Copyrights © 2019