Menara Ilmu
Vol 13, No 7 (2019): Vol. XIII No. 7 Juli 2019

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA

Sonya Heswari (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2019

Abstract

Abstrak :Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran generatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C MTsN Danau Kerinci sebanyak 34 siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi gurudan siswa, serta tes kemampuan pemahaman matematis. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes pemahaman matematis siswa setelah kegiatan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran generatif mengalami peningkatan, yaitu hasil pretest hanya 3% atau 1 siswa dengan kriteria baik (B) meningkat pada siklus I menjadi 38% atau 13 siswa dengan kriteria baik (B), selanjutnya pada siklus II mampu mencapai kriteria keberhasilan yakni 80% atau 27 siswa dengan kriteria baik (B). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran generatif dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Kata kunci : kemampuan pemahaman matematis, model pembelajaran generatif

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...