Menara Ilmu
Vol 11, No 74 (2017): Vol. XI Jilid 2 No. 74, Januari 2017

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN DENGAN METODE KETERAMPILAN PROSES PADA KELAS IV SDN 08 SAWAH SILUAK KECAMATAN SUNGAI PAGU KABUPATEN SOLOK SELATAN

Mainar, Mainar (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan keterampilan proses pada pembelajaran matematika pokok bahasan Pecahan dan meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran Matematika pokok bahasan Pecahan Kelas IV di SDN 08 Sawah Siluak Kecamatan Sungai Pagu. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN 08 Sawah Siluak Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. Dimulai tanggal 10 Oktober sampai dengan 24 Oktober 2011. Mata pelajaran yang menjadi objek penelitian adalah Matematika kelas IV SDN 08 Sawah Siluak Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan dengan pokok bahasan Pecahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan keterampilan proses pada pembelajaran Matematika pokok bahasan Pecahan meningkat dengan pencapaian target belajar 90%, dan untuk aktivitas siswa meningkat dengan pencapaian target belajar 90%. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini maka untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya pembelajaran Matematika pokok bahasan Pecahan Kelas IV SDN 08 Sawah Siluak Kecamatan Sungai Pagu adalah dengan penggunaan Metode Keterampilan Proses. Kata Kunci :Pembelajaran Matematika, Model Pembelajaran Keterampilan Proses, Hasil Belajar, Aktivitas Siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...