Dalam pembelajaran menulis teks anekdot berdasarkan strukturnya, merupakan media pembelajaran yang mengajak siswa untuk aktif dan bekerjasama serta bisa bertukar pikiran satu sama lainnya untuk semangat dalam belajar. Menggunakan strategi genius learning telah mampu meningkatkan keterampilan menulis dalam teks anekdot yang menuntukan strukturnya siswa kelas VII Kecamatan Harau. Hasil pra siklus pada menulis teks anekdot berdasarkan strukturnyasiswa kelas VII SMPN 3 Kecamatan Harau tanpa menggunakan strategi genius learning yaitu dapat ditinjau dari aspek menentukan struktur teks anekdot keseluruhan diperoleh nilai rata-rata 74,76 dengan kualifikasi tidak tuntas dan nilai sikap dengan kualifikasi kurang baik. Hasil penelitian pada siklus I menulis teks anekdot berdasarkan strukturnyasiswa kelas VII Kecamatan Harau tanpa menggunakan strategi genius learning yaitu dapat ditinjau dari aspek menentukan struktur teks anekdot keseluruhan diperoleh nilai rata-rata 78.83 dengan kualifikasi tuntas dan nilai sikap dengan kualifikasi baik. Hasil penelitian pada siklus II menulis teks aneldot berdasarkan strukturnyasiswa kelas VII 3 Kecamatan Harau tanpa menggunakan strategi genius learning yaitu dapat ditinjau dari aspek menentukan struktur teks anekdot keseluruhan diperoleh nilai sangat memuaskan yang dengan kualifikasi tidak tuntas hanya 2 orang dan nilai sikap dengan kualifikasi sangat baik. Kata Kunci: Menulis Anekdot, Strategi Genius Learning
Copyrights © 2019