Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitifbiologi siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 14 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Kelas yang di ambil untuk menerapkan kooperatif TGTadalah kelas XI IPA 2 SMANegeri 14 Pekanbaru jumlah siswa 33 orang, dimana jumlah laki-laki 14 orang dan perempuan 19 orang. Parameter yang diukur adalah hasil belajar siswa berupa daya serap dan ketuntasan belajar yang diperoleh dari kuis tiap kali pertemuan, tugas tiap kali pertemuan dan ulangan harian pada setiap siklus. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknis analisis deskriptif. Hasil analisis deskriptif hasil belajar yang dilakuan sebanyak dua kali siklus yang terdiri dari duabelas kali pertemuan, daya serap siswa mengalami penurunan sebesar 5,53% dari sebelum PTK (80,03%) setelah siklus PTK siklus I (74,50%) dan mengalami peningkatan sebesar 14,75% setelah siklus II (89,25%). Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas XI IPA 2SMA Negeri 14 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci : Kooperatif, Teams Games Tournament, Kemampuan Kognitif
Copyrights © 2018