Rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 12 Pinang Awan Kecamatan Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan terutama pada mata pelajaran Matematika pada materi mengidentifikasi sifat operasi hitung komutatif dan asosiatif, maka dari itu pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa dengan melakukan penelitian menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini dilaksanakan dengan 4 tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 12 Pinang Awan pada semester 1 (satu) tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menghasilkan data kuantitatif, yang berupa hasil belajar. Data tersebut diperoleh dari evaluasi yang dilakukan setelah proses pembelajaran berakhir. Dan data kualitatif sebagai data penunjang. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus, tiap siklus dua kali pertemuan. Peneliti berhasil meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mengidentifikasi sifat operasi hitung komutatif dan asosiatif pada siklus ke II. Peningkatan hasil belajar siswa ditandai dengan peningkatan persentase ketuntasan belajar. Pada siklus I didapat persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 47%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 82%, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran koperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) berhasil meningkatkan hasil belajar Matematika materi mengidentifikasi sifat operasi hitung komutatif dan asosiatif pada siswa kelas IV SD Negeri 12 Pinang Awan Kecamatan Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan.
Copyrights © 2017