Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Vol 13 No 1 (2018): Pedagogik: Jurnal Pendidikan

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Talking Stick Berbantuan Media Konkret Pada Peserta Didik Kelas I SDN-3 Telangkah

Dedy Setyawan (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)
Sefuanie Sarwindae (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran Matematika menggunakan model talking stick berbantuan media konkret; (2) meningkatkan hasil belajar Matematika menggunakan model talking stick berbantuan media konkret pada peserta didik kelas I SDN-3 Telangkah. Metode dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IB SDN-3 Telangkah yang berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Observasi dan Tes. Sedangkn teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Aktivitas belajar peserta didik selama pembelajaran Matematika menggunakan model talking stick berbantuan media konkret menjadi baik. Hal tersebut sesuai dengan data observasi yakni, pada siklus I memperoleh skor rata-rata 3,25 dengan kriteria baik. (2) Ada peningkatan hasil belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran menggunakan model talking stick berbantuan media konkretpada pelajaran Matematika yang menunjukkan pada pra tindakan dengan rata-rata 66 dengan presentase 64%. Dan ada peningkatan siklus I dengan rata-rata 87 dengan presentase 100% dengan klasifikasi tercapai.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Education

Description

The publication of Pedagogik: Jurnal Pendidikan certainly participates in disseminating the results of research and review of science and technology development conducted by lecturers and researchers especially from UM Palangkaraya and other universities. This edition contains 5 articles consisting ...