Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 1, No 6 (2019): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Lectora Ditinjau dari Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa

Diah Mutiara Aprilianawati (Universitas PGRI Semarang)
Nizaruddin Nizaruddin (Universitas PGRI Semarang)
Muhammad Prayito (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan  untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Course Review Horayberbantuan Lectora. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Mranggen Demak tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Sebagai sampel diambil dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran Course Review Horayberbantuan Lectoradan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji anava dua jalan, dan uji ketuntasan belajar individu dan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran CRHberbantuan Lectoralebih baik dari model pembelajaran konvensional , (2) terdapat perbedaan prestasi belajar matematikaantara siswa yang memiki gaya belajar visual, auditorial atau kinestetik , (3) tidak terdapat hubungan antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika, (4) siswa yang menggunakan model pembelajaran CRH berbantuan Lectora memenuhi KKM. Kesimpulan yang diperoleh adalah prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran CRH berbantuan Lectora efektif dan lebih baik daripada pembelajaran Konvensional pada materi operasi bentuk aljabar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...