GOLDEN AGE: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Vol 2, No 2 (2018): Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Pengelolaan Metode Tami Otaka dalam Menghafal Al-Qur’an Juz 30 Pada Kelas 1 di SD Pintar Leadership Qur’ani Bandung

Dhiya Aliyya Aushafa (Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Bandung)
Eko Surbiantoro (Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Bandung Jln. Ranggagading No. 8 Bandung)
Khambali Khambali (Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Bandung Jln. Ranggagading No. 8 Bandung)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2018

Abstract

The purpose of this study is to find out how the management of memorizing the Qur'an juz 30 by using the Tami Otaka method. This research uses descriptive analysis method with a qualitative approach. The results of this study are the Tami Otaka method aims to facilitate and be able to please students in memorizing the Qur'an. The Tami Otaka method has preparations that are required to the teacher to be able to memorize the Qur'an especially juz 30 and be able to create creativity from memorized letters. The application of the Tami Otaka method used in the tahfidz program is carried out every day, which is integrated with unique themes so that inviting students to be more fun in memorizing the Qur'an, the tami otaka method. The results or evaluation of the tami otaka method using mounty rapot is a value for once a month but when depositing memorization students are assessed through the way students recite the Koran whether assisted or independent. Factors inhibiting the tami otaka method are found in children who do not often perform muraja'ah to memorize the Qur'an, and the supporting factors of the tami otaka method of the teacher must follow the breakdown related to the tami otaka method so that the teacher is able to master the child and special movements of the tami otaka method. Keywords: Implementation, the Tami Otaka Method, memorize the Qur'an. AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetaui bagaimana pengelolaan Menghafal Al-Qur’an juz 30 dengan menggunakan metode Tami Otaka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah metode Tami Otaka mempunyai tujuan untuk memudahkan serta dapat menyenangkan peserta didik dalam menghafalkan al-Qur’an. Metode Tami Otaka mempunyai persiapan diantarnya yaitu diwajibkan kepada guru mampu menghafalkan al-Qur’an khususnya juz 30 dan mampu membuat kreativitas dari surat yang dihafalkan. Penerapan metode Tami Otaka yang digunakan pada program tahfidz yang dilaksankan setiap hari yang diintegrasikan dengan tema-tema yang unik agar mengajak peserta didik menjadi lebih menyenangkan dalam menghafal al-Qur’an, metode tami otaka. Hasil atau evaluasi dari metode tami otaka dengan menggunakan mounty rapot yang nilai selama satu bulan sekali akan tetapi pada saat menyetorkan hafalan siswa dinilai melalu cara peserta didik melafalkan al-Qur’an apakah dibantu atau sudah mandiri. Faktor penghambat metode tami otaka terdapat pada anak yang tidak sering melakukan muraja’ah terhadap hafalan al-Qur’an, dan faktor pendukung metode tami otaka guru harus mengikuti pelatahan terkait metode tami otaka sehingga guru mampu menguasi anak dan gerakan khusus metode tami otaka.  Kata Kunci: Implementasi, Metode Tami Otaka, menghafal al-Qur’an.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

golden_age

Publisher

Subject

Education

Description

This journal is managed by the Early Childhood Education Teacher Education Study Program which focuses on research results related to early childhood education. This journal is published 2 (two) times a year, in June and ...