Cakrawala Pedagogik
Vol 2 No 1 (2018): Cakrawala Pedagogik

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOVERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS KARANGAN PADA SISWA KELAS X SMK WALISONGO MENES TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Yayan Miftahul Iman (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2018

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Walisongo Menes Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang. Adapun waktu penelitian, dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil tes kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis karangan menggunakan model pembelajaran cooverative learning tipe jigsaw (kelas eksperimen) cukup. Hal ini ditunjukan dari perolehan data bahwa terdapat 32 siswa dari jumlah 40 siswa atau 80% perolehan nilai kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis karangan di atas 62 dan hanya 8 siswa atau 20% saja nilai perolehannya berada di bawah 62. Hasil penjumlahan data didapat nilai rata-rata 69,15; skor terendah 50; skor tertinggi 85; median 70,8; dan modus 70,5; serta simpangan baku 8,53. Sedangkan hasil tes akhir pada kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis karangan menggunakan model pembelajaran ekspositori (kelas kontrol) kurang. Hal ini ditunjukan dari perolehan data bahwa terdapat 31 siswa dari jumlah 40 siswa atau 77,5% perolehan nilai kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis karangan di bawah 58 dan hanya 9 siswa atau 22,5% saja nilai perolehannya berada di atas 58. Hasil penjumlahan data didapat nilai rata-rata 53,7; skor terendah 35; skor tertinggi 70; median 54,37; dan modus 55,16; serta nilai simpangan baku 7,46. Hasil analisis data dengan uji t, diperoleh harga = 8,778 dan harga dengan taraf siginifikansi 0,05% dan dk = 40 + 40 – 2 = 78 maka diperoleh 1,667 Maka, hipotesis nol ditolak yang berarti hipotesis kerja (H1) diterima, yaitu terdapat pengaruh penggunaan model pembelajajaran cooverative learning tipe jigsaw terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis karangan.

Copyrights © 2018