Usia sekolah dasar merupakan usia yang ideal untuk melatih kemampuan motorik seorang anak, termasukdi antaranya menyikat gigi. Metode demonstrasi pada penyuluhan kesehatan gigi dan mulut efektif dalammendukung meningkatnya pemahaman anak, dengan mempraktekkan secara langsung cara menyikat gigiyang benar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui gambaranpengetahuan cara menyikat gigi siswa-siswi kelas V SD Negeri 050633 Mojosari Kecamatan KualaKabupaten Langkat sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan metode demonstrasi. Jenis penelitian iniadalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional untuk mengukur pengetahuan cara menyikat gigisebelum dan sesudah diberikan penyuluhan metode demonstrasi pada responden sejumlah 30 orangberusia antara usia 10-11 tahun. Hasil penelitian menunjukkan Tingkat pengetahuan siswa Kelas V SDusia 10-11 tahun di SD Negeri 050633 Mojosari Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat sebelum diberipenyuluhan metode demonstrasi masih termasuk kriteria kurang (70%), dan kriteria cukup (30%), dansesudah diberi penyuluhan metode demonstrasi meningkat menjadi kriteria baik sebesar 83,3% dan hanya16,7% yang termasuk kriteria cukup. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapatnya perubahan pengetahuansiswa-siswi kelas V SD Negeri 050633 Mojosari Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat sebelum dansesudah diberikan penyuluhan metode demonstrasi.
Copyrights © 2019