Jurnal Ilmu Keperawatan Medikal Bedah
Vol. 2 No. 2 (2019): November 2019

Deteksi Dini Afasia Pasien Stroke Akut : Analytic Review

Dwi Febryanto (Mahasiswa Magister Keperawatan Universitas Diponegoro Semarang)
Retnaningsih Retnaningsih (Divisi Neurologi, Rumah Sakit Kariadi, Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro)
Fitria Handayani (Divisi Keperawatan Neurologi, Departemen Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2019

Abstract

Pasien stroke akut sebagian tidak terdeteksi afasia, hal ini dilihat dari angka kejadian afasia yang dilaporkan. Mereka yang ditemukan sudah menggunakan gaya berbicara telegrafis karena keterlambatan mengenali tanda dan gejala afasia. Tentu hal ini meningkatan hari rawat, biaya perawatan, pasien mudah depresi dan menurunkan derajat hidup. Alat ukur untuk menilai afasia menjadi salah satu faktor keberhasilan deteksi dini. Namun, dari yang ada tergolong lama dan tidak melaporkan sensitivitas dan spesifitas sehingga dapat diragukan kesahihannya. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah menemukan sensitifitas dan spesifitas alat ukur serta cepat dalam mendeteksi afasia pasien stroke akut. Metode yang digunakan literature review dari penelitian sebelumnya dengan mengekstrak 3 artikel Tahun 2010-2019 dalam bahasa Inggris yang membahas tentang identifikasi skrining tes afasia yang dipilih dari beberapa database. Language Screening Test sangat kuat dalam mendeteksi afasia stroke dilihat dari nilai sensitivitas dan spesifitas serta cepat dalam penilaiannya dengan waktu hanya 2 menit, namun instrumen ini tidak melaporkan onset stroke.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jikmb

Publisher

Subject

Health Professions Nursing

Description

Jurnal Ilmu Keperawatan Medikal Bedah (JIKMB) (p-ISSN 2338-2058 | e-ISSN 2621-2986 ) is an open access journal which publishes the scientific works for nurse practitioners and researchers. The articles of this journal are published every six months, that is on June and December (2 issues per year), ...