Journal of Authentic Research on Mathematics Eduacation (JARME)
Vol 1, No 2 (2019)

PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP SELF CONCEPT DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS

Akhmad Marium (Universitas Sultan Ageung Tirtayasa)
Heni Puji Astuti (Universitas Sultan Ageung Tirtayasa)
Yayah Umayah (Universitas Sultan Ageung Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2019

Abstract

Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education adalah suatu model pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pengajaran yang bertitik tolak dari hal-hal yang Real bagi siswa dalam proses pembelajaran. Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam pembelajaran yang diterapkan pada kelas VII A  SMP Negeri 3 Ciruas  sebagai sampel yang dijadikan sebagai kelas eksperimen telah menunjukkan adanya peningkatan sikap siswa dalam hal inisikapnya adalah self concept. Pembelajaran yang dilaksanakan baik di kelas maupun di luar kelas akan bisa berjalan jika adanya siswa yang memiliki kreatifitas tinggi tentunya dalam berpikir. Salah satu penunjang adanya pola pikir siswa yang kreatif yaitu dengan adanya penerapan model pembelajaran yang digunakan seperti pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) tersebut yang berfungsi untuk Meningkatkan Self Concept ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jarme

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) ISSN: 2655-7762 (online) diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Universitas Siliwangi. ...