Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung
Vol 5, No 2 (2019): VOL 5 NO 2, OKTOBER 2019

STUDI KEMAMPUAN MENGAJAR PEER TEACHING MAHASISWA SEMESTER V PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN GURU PAUD TAHUN AJARAN 2018/2019 FKIP UNIVERSITAS BENGKULU

muhammad nasirun (UNIVERSITAS BENGKULU)
Yulidesni Yulidesni (UNIVERSITAS BENGKULU)
MELIA EKA DARYATI (UNIVERSITAS BENGKULU)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2019

Abstract

Permasalahan penelitian untuk mengetahui bagaimana studi kemampuan mengajar peer teaching mahasiswa semester V Program Studi S1 Pendidikan Guru PAUD tahun ajaran 2018/2019 FKIP Universitas Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran studi kemampuan mengajar dalam peer teaching mahasiswa semester V Program Studi S1 Pendidikan Guru PAUD tahun ajaran 2018/2019 FKIP Universitas Bengkulu. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan populasi penelitian sebanyak 75 sampel menggunakan sampel total keseluruhan jumlah populasi yang kurang dari seratus. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi pada pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan mengajar peer teaching mahasiswa semester V di Program Studi S1 Pendidikan Guru PAUD Tahun Ajaran 2018/2019 FKIP Universitas Bengkulu yakni kriteria cukup dengan rata-rata (3,195). Berdasarkan kesimpulan penelitian tersebut direkomendasikan (1) Perlu peningkatkan pemahaman mengenai konsep dan teori pendekatan pembelajaran dan diperlukan adanya latihan yang cukup dalam praktik mengajar, (2) Perlu latihan dalam penguasaan keterampilan mengajar, (3) Perlu adanya penelitian lanjutan mengenai pelaksanaan pendekatan pembelajaran dan pelaksanaan keterampilan mengajar bagi mahasiswa agar terbentuk kompetensi yang dipersyaratkan sebagai calon guru.Kata kunci: Kemampuan Mengajar, Peer Teaching, Pembelajaran

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tunas-siliwangi

Publisher

Subject

Education

Description

Tunas Siliwangi Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and Preschool Education study program of STKIP Siliwangi Bandung on current science issues, namely: -Teacher of Early Childhood Education Programs. -Observers and Researchers of Early Childhood Education ...