Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan)
Vol 3 No 1 (2016): April

PRESTASI BELAJAR MAHASISWA POLTEKKES KEMENKES BANTEN SEMESTER I YANG MASUK MELALUI JALUR PMDP TAHUN 2012 – 2014

Ahmad Ahmad (Poltekkes Kemenkes Banten)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2016

Abstract

Prestasi belajar merupakan salah satu indicator daya serap dan kecerdasan mahasiswa, yang dapat digunakan untuk menyusun dan menetapkan langkah-langkah kebijkan baik yang menyangkut mahasiswa, proses pendidikan maupun institusi pendidikan yang mengelola program pendidikan tersebut. Indikator yang menjadi tolok ukur prestasi belajar mahasiswa adalah perolehan prestasi.. Berdasarkan pengamatan penulis, dalam dua tahun terakhir ini, masih sering terungkap mahasiswa yang mengalami permasalahan yang berkaitan dengan prestasi belajar yang dibuktikan dengan perolehan prestasi yang masih rendah, masih adanya mahasiswa yang sering kali harus mengulang saat ujian akhir semester. Permasalahan tersebut terjadi juga pada mahasiswa yang masuk melalui jalur PMDP, padahal mahasiswa tersebut pada saat proses masuk, sudah menunjukan nilai prestasi belajar yang tinggi di sekolah asalnya. Penelitian ini dilakukan guna memperoleh informasi factor yang berhubungan dengan prestasi belajar mahasiswa Poltekkes Kemenkes Banten semester I yang masuk melalui jalur PMDP tahun 2012 – 2014 Penelitian ini mengunakaan desain crosesctional study, dengan jumlah sampel sebanyak 60 mahasiswa yang masuk melalui jalur PMDP tahun 2012 – 2014. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari bagian kemahasiswaan Poltekkes Kemenkes Banten bagian adak masing-masing jurusan. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar mahasiswa semester I yang masuk melalui jalur PMDP memiliki prestasi belajar yang baik (70%), sementara sebagian kecil lainnya memperoleh prestasi belajar kurang baik (30%) Sebagian besar mahasiswa semester I yang masuk melalui jalur PMDP berasal dari sekolah negeri (76,7 %) , Hampir seluruhnya mahasiswa semester I yang masuk melalui jalur PMDP berasal dari jenis sekolah SMA (93,4%) Sebagian besar mahasiswa semester I yang masuk melalui jalur PMDP berjenis kelamin perempuan (85%) Tidak ada hubungan antara asal sekolah, jenis sekolah dan jenis kelamin dengan perolehan prestasi belajar mahasiswa semester satu. Perlunya melakukan telaahan lebih lanjut pada mahasiswa yang memperoleh IP semester I dibawah 3,00 terhadap perolehan nilai pada waktu belajar di SMA serta lembaga sekolah SMA asal mahasiswa tersebut

Copyrights © 2016