Jurnal Basataka (JBT)
Vol. 2 No. 1 (2019): Juni 2019

PENINGKATAN MODEL GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X TKJ SMK SWASTA BUDI SETIA SUNGGAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Rahmadini Syahfitri (Universita Prima Indonesia)
Annisa Annisa (Universita Prima Indonesia)
Dani Sukma Agus Setiawan (Universita Prima Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X TKJ SMK Swasta Budi Setia Sunggal melalui model group investigation. Penggunaan model group investigation diharapkan mampu mempermudah siswa dalam memahami materi dan mampu menulis teks laporan hasil observasi agar keterampilan menulis meningkat. Melalui model group investigation , peningkatan dapat dilihat secara proses maupun produk. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Budi Setia Sunggal. Subjek penelitian adalah kelas X TKJ yang berjumlah 28 siswa. Hal ini dilihat dari peningkata skor rata-rata setelah diberi siklus I dengan rata-rata 74,11 dan pada akhirnya siklus II skor rata-rata menjadi 82,01. Peningkatan skor rata-rata siswa mulai siklus I hingga siklus II adalah 7,9. Secara keseluruhan pada akhir siklus II semua berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model group investigation berhasil dan mampu meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X TKJ SMK Swasta Budi Setia Setia.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

BASATAKA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Fokus dan cakupan Jurnal BASATAKA adalah penelitian dalam bidang Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Indonesia. The focus and scope of BASATAKA Journal is research in the fields of Education, Language, and Indonesian ...