PRATAMA WIDYA : JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Vol 4, No 2 (2019)

PENINGKATAN PERILAKU SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI STRATEGI DORAEMON DI TK PIVERI

Hendrawati, Ni Wayan (TK Piveri)
Suyanta, I Wayan (Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2019

Abstract

Abstrak Penelitian ini hendak menggali perilaku sosial anak. Penerapan kelas inklusi dengan strategi doraemon yang dilaksanakan dengan kegiatan maplalianan diharapkan dapat menumbuhkan perilaku sosial anak yang positif seperti rasa empati dan simpati anak terhadap anak berkebutuhan khusus. Kajian ini menggunakan teknik observasi, dan dibedah dengan teori pendidikan inklusi, serta strategi permainan. Penelitian ini menemukan pertama tumbuh rasa kasih sayang pada setiap anak, kedua dapat memupuk rasa kerjasama dalam kegiatan apapun sehingga secara tidak langsung terjadi hubungan timbal balik, anak-anak berkebutuhan khusus menanggapi (merespon) stimulus (rangsangan) yang diberikan oleh temannya. Ketiga timbul rasa toleransi dengan cara saling menghargai, menghormati kelebihan, dan kekurangan masing-masing. Keempat, timbulnya rasa percaya diri pada anak berkebutuhan khusus karena merasa termotivasi dan merasa dihargai saat ikut dilibatkan dalam kegiatan maplalianan. Kata kunci: Anak Usia Dini, Perilaku Sosial, Strategi Doraemon, Pendidikan inklusi. Abstract This research intends to explore children's social behavior. The implementation of inclusive classes with the Doraemon strategy implemented with map activities is expected to foster positive children's social behavior such as empathy and sympathy for children with special needs. This study uses observation techniques, and dissected with inclusive education theory, and game strategies. This research found that firstly growing affection for each child, secondly it can foster a sense of cooperation in any activity so that indirectly a reciprocal relationship occurs, children with special needs respond to (respond to) stimuli (stimuli) provided by their friends. Third arises a sense of tolerance by mutual respect, respect for strengths and weaknesses of each. Fourth, the emergence of confidence in children with special needs because they feel motivated and feel valued when involved in map activities.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PW

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Hindu Fakultas Dharma Acarya Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar ini didedikasikan sebagai media untuk mempublikasikan pemikiran maupun penelitian yang berkaitan dengan topik ...