Bahasa: Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 1 No 3 (2019): September 2019

Gaya Komunikasi dan Retorika Dakwah TGKH. Muhammad Zainul Majdi dalam Pengajian Hultah NWDI KE-70-80 di Pancor, Lombok Timur

Irfan, Muh. (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya dan bahasa  komunikasi TGB dalam pengajian umum hultah NWDI ke-77, 79, dan 80. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Data dan sumber data dalam penelitian ini berupa video pengajian umum hultah NWDI ke-77, 79, dan 80 yang diunduh dari youtube. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana gaya komunikasi dan retorika dakwah TGB dalam pengajian umum hultah NWDI ke-77, 79, dan 80.Gaya komunikasi TGB merupakan perpaduan antara gaya komunikasi konteks rendah dan sisi positif komunikasi konteks tinggi yang ditandai dengan gaya penyampaian yang tegas, lugas, gamblang, damai, sejuk, tenang, serta mampu memainkan irama ketika berceramah. Bentuk retorika dakwah TGB merupakan penggabungan antara aspek-aspek retorika dengan bentuk-bentuk retorika. Aspek-aspek retorika yang dimaksud yakni diksi, alih kode, campur kode, dan kesantunan. Bentuk-bentuk retorika TGB dilihat dari gaya bahasa dan nonbahasa. Keduanya sangat berpengaruh dalam retorika dakwah TGB. Keberpengaruhan retorika tersebut disebabkan penerapan gaya bahasa telah disesuaikan dengan kondisi jamaah dan tempat penerapannya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

bahasa

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Focuses on publishing the original research articles, review articles from contributors, and the current issues related to language and literature education, linguistics and ...