Seminar Nasional Keperawatan
Vol 5, No 1 (2019): Proceeding Seminar Nasional Keperawatan 2019

DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN AUTISME BERBASIS MULTIMEDIA AUDIO-VISUAL

Zulian Effendi (Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2019

Abstract

AbstrakAutisme merupakan gangguan perkembangan yang dimana anak hidup dalam dunianya sendiri tidakmemperdulikan lingkungan, cuek terhadap orang tua, tidak ada kontak mata, suka menyendiri dan seringmelakukan gerakan-gerakan yang aneh. Fenomena yang ada bahwa orang tua yang memiliki anak dengangejala autisme pasti mengalami kebingungan dan tidak tahu harus berbuat apa untuk merawat anakdengan gejala autisme. Pada zaman yang modern ini banyak cara orang tua yang memiliki anak denganautis untuk mendapatkan informasi tentang autisme salah satunya dengan memanfaatkan teknologiinformasi melalui video media pembelajaran.Tujuan dari pembuatan desain ini adalah merancang mediapembelajaran autisme dan cara penanganan anak dengan gejala autisme berbasis video yang menarik danmudah dipahami.Metode yang digunakan pada perancangan media pembelajaran ini menggunakanpengembangan multimedia menurut Luther (1994) yang dilakukan dalam 6 tahap, yaitu konsep,perancangan, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian dan distribusi. Media pembelajaran ini dibuatdengan menggunakan aplikasi Microsoft Power Point 2013, Windows Movie Maker 2.6, dan CamtasiaStudio 8.Hasil dari desain pembelajaran ini berupa produk media pembelajaran tentang autisme dan carapenanganan anak dengan gejala autisme yang menarik dan mudah dipahami.Kesimpulan dari hasilrancang media pembelajaran ini adalah melalui media pembelajaran Autisme berbasis audio-visualdiharapkan bisa membantu proses belajar dan berbagi ilmu bagi mahasiswa, praktisi kesehatan,masyarakat dan khususnya orang tua yang memiliki anak dengan gejala autisme.Kata Kunci: Media, Autisme, Multimedia, Audio-visualAbstractAutism is a developmental disorder in which the child lives in his own world does not care about theenvironment, in different to parents, no eye contact, a loof and often do strange movements. Thephenomenon that is that parents who have children with autism symptoms definitely become confused anddo not know what to do to care for children with autism. In this modern age many ways parents who havechildren with autism to get information about autism, one of them by exploiting information technologythrough the medium of video learning. The purpose of this design is to designing instructional mediaautism and ways of handling children with autism symptom-based video interesting and easy tounderstand. The method used in this study media design using multimedia development by Luther (1994)conducted in six stages are the concept, design, material collecting, assembly, testing and distribution.This instructional media created using Microsoft Power Point 2013, Windows Movie Maker2.6, andCamtasia Studio 8. The results of this study design is a product of learning media about autism and howto handle a child with symptoms of autism are attractive and easy to understand. The conclusion of thisstudy is designed media through media-based learning audio-visual Autism is expected to help theprocess of learning and sharing knowledge for students, health practitioners, community and especiallyparents who have children with autism.Keywords: Media, Autism, Multimedia, Audio-visual

Copyrights © 2019