Abstrak: Penelitian ini berdiri dari dua variabel, yaitu keterkaitan aktivitas belajar sebagai variabel X (variabel bebas/independen) dan perolehan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akhlak sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar dan hasil belajar siswa serta hubungan aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akhlak di Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Pekanbaru. Subjekdari penelitian ini adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Pekanbaru. Sedangkan objek penelitian ini adalah korelasi aktivitas belajar diluar kelas dan evaluasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran akhlak di Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Pekanbaru. Populasi seluruh siswa yang berjumlah 385 orang, dengan sampel siswa kelas VII dan VIII yang berjumlah 80 orang. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil bahwa aktivitas belajar di Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Pekanbaru berada pada kategori “ Baik”, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akhlak berada pada kategori “Baik Sekali”. dan terdapat korelasi yang signifikan, dengan perolehan indeks korelasi 0,733 pada taraf signifikan 5% rtabel adalah 0,217% dan pada taraf signifikan1% rtabel 0,283%. Ini berarti bahwa rch lebih Tinggi dari pada rtabel baik pada taraf signifikan 5% ataupun signifikan1% (0,217 <0,733 >0,283). Dari hasil analisa ini dapatlah diambil kesimpulan bahwa Ha diterimadan H0ditolak. Kata Kunci: Keterkaitan, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Akhlak.
Copyrights © 2019