Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab
No 5 (2019): Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V

KAJIAN HISTORIS TEKNIK DRILL PATTERNS DALAM PEMEROLEHAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB SEBAGAI BAHASA ASING

Hamzah Hamzah (Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar, Sulbar)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2019

Abstract

Abstrak:Pengkajian dan permikiran pemerolehan bahasa dan pembelajarannya semakin berkembang pesat setelah seorang linguis Amerika Noam Chomsky mengecam teori strukturalisme-behaviorisme yang ada pada masanya. Sehingga menimbulkan suatu revolusi dalam pemerolehan bahasa dan pembelajaran bahasa tentunya, dengan memunculkan suatu teori tata bahasa baru yaitu transformasi-generatif. Beragamnya teori dan pendekatan melahirkan banyak teknik dan metode dalam pembelajaran bahasa asing. Tulisan sederhana ini, mencoba untuk mengungkap suatu teknik lama secara historis yang masih eksis dan dipergunakan pengajar bahasa asing sampai saat ini, yaitu teknik drill patterns yang notabene sebagai teknik utama pendekatan audiolingual yang efektif dengan berbagai variannya dalam pembelajaran bahasa asing. Hasil kajian ini ditemukan bahwa teknik drill patterns dalam perkembangannya hidup pada dua masa, yaitu pada masa environmentalis dan masa innatis. Secara historis, teknik drill patterns ini pada awalnya muncul di masa environmentalis di bawah naungan pendekatan audiolingual yang sifatnya mekanistis, kemudian teknik ini di revisi menjadi sebuah teknik drill patterns yang sifatnya lebih bermakna dan komunikatif pada masa innatis.Kata Kunci: Teknik drill patterns, pemerolehan bahasa, pengajaran bahasa, keterampilan berbahasa Arab

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

konasbara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Konferensi Nasional Bahasa Arab tahunan JURUSAN SASTRA ARAB FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG Tema : Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia Sub Tema : Strategi Pembelajaran Bahasa Arab MetodePembelajaran Bahasa Arab Media Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum ...