JCOSE Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 1 No 1 (2018): OKTOBER 2018

Penerapan Strategi Self Management untuk Meningkatkan Disiplin BelajarPeserta Didik

Handayani, rennie (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan strategi self management untuk meningkatkan disiplin belajar peserta didik kelas XI SMA Lab School Pancasakti Tegal. Sebagai populasi adalah seluruh peserta didik kelas XI dengan menggunakan jenis penelitian populasi karena jumlah keseluruhan peserta didik kelas XI hanya berjumlah 26 peserta didik, sebagai sampel dengan teknik total sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik angket, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan deskriptif prosentase setiap variabelnya. Sedangkan untuk mengetahui efektifitas penerapan strategi self management untuk meningkatkan disiplin belajar menggunakan analisi uji t. Hasil analisis maka dapat disimpulkan 1) tingkat disiplin belajar peserta didik sebelum penerapan strategi self management bahwa skor persentase terbanyak 8 peserta didik atau sejumlah 30,8% yaitu dalam kriteria rendah 2) tingkat disiplin belajar peserta didik setelah penerapan strategi self management menunjukan bahwa skor persentase terbanyak 9 peserta didik atau sejumlah 34,6% yaitu dalam kriteria tinggi 3) hasil perhitungan analisi ujit diperoleh thitung lebih besar dari ttabel sehingga dapat dinyatakan penerapan strategi self management efektif dalam meningkatkan disiplin belajar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jkpancaksakti

Publisher

Subject

Other

Description

JCOSE (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is a journal consisting of several writings about the results of research and book review. JCOSE seeks to accommodate researchers, lecturers and students in the field of guidance and counseling to publish scientific work regularly every two times a year. ...