cover
Contact Name
Fikri Aulia
Contact Email
piti.kasep@gmail.com
Phone
+6281322602841
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl Halmahera KM 1 Tegal 52121
Location
Kota tegal,
Jawa tengah
INDONESIA
JCOSE Jurnal Bimbingan dan Konseling
ISSN : 26226057     EISSN : 2657070X     DOI : -
Core Subject : Education,
JCOSE (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is a journal consisting of several writings about the results of research and book review. JCOSE seeks to accommodate researchers, lecturers and students in the field of guidance and counseling to publish scientific work regularly every two times a year.
Articles 116 Documents
Keefektifan Layanan Konseling Kelompok terhadap Kematangan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik suhud, achmad
JCOSE Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1 No 1 (2018): OKTOBER 2018
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.997 KB) | DOI: 10.24905/jcose.v1i1.6

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya keefektifan layanan konseling kelompok terhadap kematangan komunikasi interpersonal peserta didik. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya eksperimen. Desain penelitian pre-test and post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MA Salafiyah Karangtengah Warungpring Pemalang tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 144 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan sampling purposive diambil sebanyak 15 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif presentase dan analisis statistik uji t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penghitungan pada pre-test diperoleh skor rata-rata sebesar 93,8 dan pada post-test diperoleh skor rata-rata 130. Hasil simpulan ada keefektifan layanan konseling kelompok terhadap komunikasi interpersonal peserta didik di kelas XI MA Salafiyah Karangtengah Warungpring Pemalang.
Penerapan Strategi Self Management untuk Meningkatkan Disiplin BelajarPeserta Didik Handayani, rennie
JCOSE Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1 No 1 (2018): OKTOBER 2018
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.087 KB) | DOI: 10.24905/jcose.v1i1.7

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan strategi self management untuk meningkatkan disiplin belajar peserta didik kelas XI SMA Lab School Pancasakti Tegal. Sebagai populasi adalah seluruh peserta didik kelas XI dengan menggunakan jenis penelitian populasi karena jumlah keseluruhan peserta didik kelas XI hanya berjumlah 26 peserta didik, sebagai sampel dengan teknik total sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik angket, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan deskriptif prosentase setiap variabelnya. Sedangkan untuk mengetahui efektifitas penerapan strategi self management untuk meningkatkan disiplin belajar menggunakan analisi uji t. Hasil analisis maka dapat disimpulkan 1) tingkat disiplin belajar peserta didik sebelum penerapan strategi self management bahwa skor persentase terbanyak 8 peserta didik atau sejumlah 30,8% yaitu dalam kriteria rendah 2) tingkat disiplin belajar peserta didik setelah penerapan strategi self management menunjukan bahwa skor persentase terbanyak 9 peserta didik atau sejumlah 34,6% yaitu dalam kriteria tinggi 3) hasil perhitungan analisi ujit diperoleh thitung lebih besar dari ttabel sehingga dapat dinyatakan penerapan strategi self management efektif dalam meningkatkan disiplin belajar.
Upaya Mengurangi Perilaku Agresif dengan Menggunakan Konseling Behavioral KW, sukoco
JCOSE Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1 No 1 (2018): OKTOBER 2018
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.461 KB) | DOI: 10.24905/jcose.v1i1.8

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui tingkat perilaku agresif peserta didik sebelum dan setelah pelaksanaan pelaksanaan konseling behavioral serta efektifitas konseling behavioral dapat mengurangi perilaku agresif peserta didik. Populasi penelitian berjumlah 205 peserta didik, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling ditetapkan sejumlah 42 peserta didik. Metode pengumpulan data adalah skala sikap dan dokumentasi. Uji validitas dengan Korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman-Brown. Analisis data dengan analisis deskriptifdan uji hipotesis dengan analisis t-test. Hasil penelitian ditemukan data menunjukan bahwa perilaku agresif peserta didik setelah layanan konseling behavioral tergolong dalam kriteria rendah.
Penerapan Layanan Konseling Islami Berpendekatan Konseling Qur’ani terhadap Perilaku Menyimpang Peserta Didik KW, sukoco
JCOSE Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1 No 1 (2018): OKTOBER 2018
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.526 KB) | DOI: 10.24905/jcose.v1i1.9

Abstract

Layanan konseling Islami berpendekatan konseling Qur?ani tujuannya adalah penerapan layanan konseling Islami berpendekatan konseling Qur?ani terhadap tingkat perilaku menyimpang kelas XI SMA Al Irsyad Kota Tegal tahun pelajaran 2014/2015 dapat diterapkan dalam mencegah dan meminimalisir perilaku menyimpang peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dirancang dengan pre-test and post-test group. Desain penelitian yang digunakan adalah One group pre test and post test design. Hasil penelitian diperoleh skor sebelum treatment sebesar 113,25% dalam kategori rendah. Perolehan skor post test diperoleh sebesar 126,33 %. Jadi ada perubahan perolehan skor sebelum dan sesudah treatment. Uji hipotesis t tes dengan rumus diperoleh hasil t-hitung 2,678 hasil tersebut dikonsultasikan dengan t-tabel pada taraf signifikan 5% (N=12) yaitu 2,179 yang berarti bahwa t-hitung (2,678)> t-tabel (2,179).
Hubungan Instrumental Conditioning dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP N 1 Lemahabang suriswo, suriswo
JCOSE Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1 No 1 (2018): OKTOBER 2018
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.152 KB) | DOI: 10.24905/jcose.v1i1.10

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana penerapan instrumental conditioning, bagaimana motivasi belajar dan adakah hubungan antara instrumental conditioning dengan motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Lemahabangtahun pelajaran 2014/2015 Metode penelitian yang digunakan ialah menggunakan metode penelitian Penelitian Korelasional. Populasi penelitian berjumlah 170 peserta didik, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik acak (random). Ditetapkan sejumlah 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas dengan Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data dengan analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan analisis Korelasi product moment angka kasar. Hasil penelitian ditemukan bahwa penerapan instrumental conditioning pada peserta didik mencapai hasil 32,4% dalam kategori tinggi, sedangkan tingkat motivasi belajar peserta didik mencapai hasil 35,3% dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil perhitungan analisis statistik korelasi diperoleh rhitung sebesar 0,346, , yang berarti hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima.
Pengaruh Perkembangan Media Sosial terhadap Karakteristik Pribadi Peserta Didik budisiwi, hastin
JCOSE Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1 No 1 (2018): OKTOBER 2018
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.641 KB) | DOI: 10.24905/jcose.v1i1.11

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perkembangan media sosial pada karakter pribadi peserta didik.Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya studi korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas Kelas VIII MTs Negeri Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 354 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sebanyak 50 peserta didk. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif presentase dan analisis korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa perkembangan media sosial peserta didik dalam kategori tinggi sebanyak 36%. Karakter pribadi peserta didik dalam kategori cukup baik sebanyak 26%. Hasil simpulan ada pengaruh positif dan signifikan perkembangan media sosial terhadap karakter pribadi peserta didik kelas VIII MTs Negeri Slawi Kabupaten Tegal.
Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama dalam Pembentukan Karakter Toleransi mulyani, mulyani
JCOSE Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1 No 1 (2018): OKTOBER 2018
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.436 KB) | DOI: 10.24905/jcose.v1i1.12

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana tingkat pembentukan karakter toleransi sebelum diberikannya layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama, mengetahui bagaimana tingkat pembentukan karakter toleransi sesudah diberikannya layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada peserta didik. mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat digunakan dalam pembentuk karakter toleransi peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik jurusan Akutansi SMK Satya Praja 1 Petarukan, Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015. Jumlah elas XI akutansi tahun ajaran 2014/2015 berjumlah 192 peserta didik. peneliti mengunakan teknik cluster random sampling untuk pengambilan sampel berjumalah 28 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif presentase dan analisis statistik uji t (t-test). Berdasarkan perhitungan hasil analisis data dengan statistik uji t dengan membandingkan hasil pre-test dengan hasil post-test untuk mengetahui tingkat karakter toleransi, dengan taraf signifikan 5% maka diperoleh nilai thitung > ttabel, yaitu 2,501 > 2,048. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa adanya hasil yang memuaskan mengenai penggunaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam pembentukan karakter toleransi.
Studi Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi melalui Teknik Ice Breaking rozano, dino
JCOSE Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1 No 1 (2018): OKTOBER 2018
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.082 KB) | DOI: 10.24905/jcose.v1i1.13

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan komunikasi sebelum dan sesudah dikenakan Ice Breaking pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Ekperimen. Desain penelitian ini adalah One-Group Pretes-Postes Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tegal sejumlah 349 peserta didik dan sampel sejumlah 30 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive sampling. Variabel penelitian adalah Ice Breaking (variabel bebas) dan kemampuan komunikasi (variabel terikat). Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa angket, observasi, dokumentasi dan tes. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji-t. Dari hasil perhitungan analisis data menggunakan t-tes diperoleh harga thitung = 4,885. Jadi koefisien thitung sebesar 4,885 dikonsultasikan dengan ttabel = 2,045 pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan (dk) = 29, jadi hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (4,885 > 2,045). Jadi dapat dikatakan bahwa Hipotesis nol (Ho) ditolak, dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Studi Kasus Terhadap Peserta Didik yang Mengalami Perlakuan Bullying oleh Teman Sekelas maufur, maufur
JCOSE Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1 No 1 (2018): OKTOBER 2018
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.123 KB) | DOI: 10.24905/jcose.v1i1.14

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kasus bullying yang mengakibatkan rasa tidak nyaman yang dialami korban pada peserta didik kelas X SMA Al-Irsyad kota Tegal tahun pelajaran 2014/2015?; 2) Apa penyebab dan dampak peserta didik kelas X SMA Al-Irsyad yang menjadi korban dari tindakan bullying oleh teman sekelas?; 3) Bagaimana upaya dan hasil penanganan terhadap peserta didik yang mengalami perlakuan bullying oleh teman sekelas di kelas X dengan layanan bimbingan konseling individu di SMA Al-Irsyad kota Tegal tahun pelajaran 2014/2015? Populasi di dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Al-Irsyad kota Tegal yang terlibat dalam kasus bullying yang berjumlah 12 anak, yang terbagi dalam 3 pelaku dan 9 korban. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan empat teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan gabungan serta tiga teknik analisis data yaitu reduksi data, display data, mengambil simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bullying terjadi di SMA Al-Irsyad kota Tegal. Terdapat tiga bentuk bullying (fisik, verbal, dan mental/psikologis) yang terjadi, mengakibatkan korban merasa tidak nyaman saat belajar di sekolah. Sebab pelaku melakukan bullying adanya faktor dari keluarga, teman sebaya, dan media video action. Untuk upaya penanganan dari kasus bullying guru BK melakukan konseling individu untuk melakukan klarifikasi kebenarannya kemudian dibuatlah surat pernyataan bagi pelaku untuk tidak mengulangi perbuatan bullying. Korban dan pelaku saling memaafkan dan korban merasa lebih baik dan tidak takut lagi.
Kontribusi Layanan Konseling Kelompok Berpendekatan Realita untuk Mengatasi Rasa Kurang Percaya Diri dalam Bergaul hartinah, sitti
JCOSE Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1 No 1 (2018): OKTOBER 2018
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.319 KB) | DOI: 10.24905/jcose.v1i1.15

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya kontribusi layanan konseling kelompok berpendekatan realita untuk mengatasi rasa kurang percaya diri dalam bergaul. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan format semi eksperimen dengan desain pretest-postest. Populasi dalam penelitian adalah sejumlah 168 dengan purposive sampling 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus korelasi Product Moment dan Reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan rumus uji t-test.Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat rasa percaya diri dalam bergaul sebelum pemberian layanan konseling kelompok berpendekatan realita dalam kriteria rendah (33,3%) sebanyak 8 peserta didik. Sedangkan, sesudah pemberian layanan konseling kelompok berpendekatan realita dalam kriteria tinggi (41,7%) sebanyak 10 peserta didik. Hasil uji t-test diperoleh thitung sebesar 7,835 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikan 1 % atau (? 1 %) dengan derajat kebebasan N-1 atau 24 ? 1 = 23, dinyatakan bahwa ttabel = 2,500, jadi thitung = 7, 835 > ttabel = 2,500 yang berarti hipotesis nihil dinyatakan ditolak dan menerima hipotesis kerja yang berbunyi ?Ada kontribusi layanan konseling kelompok berpendekatan realita untuk mengatasi rasa kurang percaya diri dalam bergaul pada peserta didik kelas X SMK Satya Praja 2 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015?. Simpulan hasil penelitian ini adalah pelaksanaan layanan konseling kelompok berpendekatan realita berkontribusi terhadap peningkatan rasa percaya diri dalam bergaul pada peserta didik. Saran bagi sekolah adalah bagaimana cara meningkatkan pemahaman peserta didik tentang rasa percaya diri dalam bergaul dan memaksimalkan penanganan melalui pelaksanaan layanan.

Page 1 of 12 | Total Record : 116