Technologia: Jurnal Ilmiah
Vol 10, No 3 (2019): TECHNOLOGIA (JULI)

APLIKASI REKAPITULASI KUESIONER HASIL PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA STMIK INDONESIA BANJARMASIN MENGGUNAKAN JAVA

Muhammad Saidi Rahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2019

Abstract

ABSTRAKKuesioner adalah metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden. Di STMIK Indonesia Banjarmasin kuesioner digunakan untuk memberikan penilaian terhadap kualitas dosen dan fasilitas ruang proses belajar mengajar agar nantinya dapat membantu meningkatkan kualitas akademik. Perhitungan atau rekapitulasi kuesioner di STMIK Indonesia Banjarmasin masih menggunakan program Microsoft Excel, sehingga untuk membuat laporan kuesioner masih memerlukan waktu dan masih kurang efektif. Program yang digunakan adalah Java 2 Standard Edition, dengan kompiler IDE Netbeans, dan untuk membuat laporan menggunakan iReport yang dibangun menggunakan library JasperReport. Perhitungan kuesionernya yang digunakan untuk merekapitulasi adalah perhitungan Skala Likert. Dengan adanya aplikasi Rekapitulasi Kuesioner Proses Belajar Mengajar ini bisa digunakan untuk mengurangi masalah dalam perhitungan rekapitulasi kuesioner proses belajar mengajar dan pembuatan laporan. Sehingga diharapkan akan mempermudah pihak yang terkait dalam proses perhitungan rekapitulasi kuesioner dan dapat pula membuat laporan secara mudah cepat dan akurat. Kata Kunci : Kuesioner, Skala Likert, IDE Netbeans, Java, JasperReport, iReport

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIT

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Technologia: Jurnal Ilmiah adalah wadah informasi, hasil penelitian, dan tulisan terkait bidang Teknik Informatika dan Sistem Informasi yang dikelola oleh Fakultas Teknologi Informasi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari. Frekuensi terbitan pada jurnal ini 4 kali dalam setahun ...