cover
Contact Name
Wagino
Contact Email
ginouniska@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ginouniska@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Technologia: Jurnal Ilmiah
ISSN : 20866917     EISSN : 26568047     DOI : -
Core Subject : Science,
Technologia: Jurnal Ilmiah adalah wadah informasi, hasil penelitian, dan tulisan terkait bidang Teknik Informatika dan Sistem Informasi yang dikelola oleh Fakultas Teknologi Informasi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari. Frekuensi terbitan pada jurnal ini 4 kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 280 Documents
IMPLEMENTASI ASOSIASI RULE MINING PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI Harma Oktafia Lingga Wijaya; Chandra Yuliansyah; Armanto Armanto
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 13, No 1 (2022): Technologia (Januari)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/tji.v13i1.6121

Abstract

Data mining merupakan serangkaian proses untuk mendapatkan informasi yang berguna dari gudang basis data yang besar. Data mining juga dapat diartikan sebagai pengekstrakan informasi baru yang diambil dari bongkahan data besar yang membantu dalam pengambilan keputusan[1]. Dalam data mining terdapat banyak teknik dalam pengerjaannya, diantaranya yaitu algoritma naïve bayes, decision tree, jaringan saraf tiruan dan masih banyak lainnya. Prediksi merupakan suatu proses memperkirakan secara sistematis tentang sesuatu yang paling mungkin terjadi dimasa depan berdasarkan informasi masa lalu dan sekarang yang dimiliki, agar kesalahannya (selisih antara sesuatu yang terjadi dengan hasil perkiraan) dapat diperkecil. Prediksi tidak harus memberikan jawaban secara pasti kejadian yang akan terjadi, melainkan berusaha untuk mencari jawaban sedekat mungkin yang akan terjadi [2].metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Algoritma apriori digunakan untuk mendapatkan aturan asosiasi dan mencari pola hubungan antar satu atau lebih item dalam suatu data [2]. Salah satu tahap analisis asosiasi yang menarik perhatian banyak peneliti untuk menghasilkan algoritma yang efisien adalah analisis pola frekuensi (frequent pattern mining). Suatu asosiasi dapat diketahui penting atau tidak dapat diukur menggunakan parameter support dan confidence. Support atau nilai penunjang adalah ukuran yang menunjukkan tingkat dominasi suatu item dari keseluruhan transaksi, sedangkan confidence atau nilai kepastian adalah kuatnya hubungan antar-item dalam aturan asosiasi [2]. Toko  Bobi elektronik selama ini sudah memiliki data penjualan yang dicatat secara manual  yaitu dengan membuat catatan di buku dan juga microsoft excel, hanya saja  history penjualan ini tidak digunakan secara maksimal hasil dari penelitian ini memiliki 10 best rule dengan nilai confiden rata-rata 90%.
PENILAIAN AGUNAN PROPERTY PENGAJUAN KREDIT MENGGUNAKAN OPTIMASI ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE BERBASIS PARTICLE SWARM OPTIMIZATION Ibrahim, Ibrahim,
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 7, No 1 (2016): TECHNOLOGIA
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (815.716 KB) | DOI: 10.31602/tji.v7i1.611

Abstract

Masih terdapat kemungkinan kesalahan penilaian agunan sebagai acuan nilai kredit, yang akan membuka peluang terjadinya NPL. Jadi diperlukan suatu cara penilaian (prediksi nilai) yang cukup proporsional, kredibel dan akurat.Prediksi yang tidak akurat menyebabkan perencanaan manajemen kredit yang tidak tepat. Prediksi nilai agunan telah menarik minat banyak peneliti karena nilai pentingnya baik di teoritis dan empiris.Dalam penelitian ini dibuatkan model algoritma support vector machines dan model algoritma suppor vector machines berbasis Particle Swarm Optimization untuk mendapatkan rule dalam memprediksi penilaian agunan pengajuan kredit dan memberikan nilai akurasi yang lebih akurat.Setelah dilakukan pengujian dengan dua model yaitu Algoritma support vector machines dan Support Vector Machines berbasis Particle Swarm Optimization maka hasil yang didapat adalah algoritma sehingga didapat pengujian dengan menggunakan Support Vector Machines dimana didapat nilai accuracy adalah 84.17 %, sedangkan pengujian dengan menggunakan Support Vector Machines berbasis Particle Swarm Optimization didapatkan nilai accuracy 87.57%. Sehingga kedua metode tersebut memiliki perbedaan tingkat akurasi yaitu sebesar 3.40%.
MONITORING DAN PENGISIAN AIR TANDON OTOMATIS BERBASIS ARDUINO Wagino Wagino; Arafat Arafat
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 9, No 3 (2018): TECHNOLOGIA
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/tji.v9i3.1414

Abstract

Proses pengisian air tandon selama ini masih banyak yang menggunakan cara manual, cara tersebut dianggap masih belum efektif, untuk mempermudah proses menunggu dalam pengisian air didalam tandon dan  mengetahui volume air yang digunakan, maka diperlukan alat otomatis yang berguna menghidupkan dan mematikan pompa selain itu juga untuk menjadi alat untuk pengukur ketinggian air pada penampungan air. Maka dalam penelitain ini dibuatlah aplikasi menggunakan masukan sensor  ultrasonik HC-SR 04, blynk, relay, pompa air dan wemos. Sensor ultrasonik HC-SR 04 berguna mengukur ketinggian  air tandon. Blynk untuk menampilkan jarak level air dalam. Pompa air di pergunakan mengisi air ke tandon. Relay digunakan untuk mengontrol pompa air hidup atau mati secara otomatis dan wemos digunakan untuk menghubungkan alat dengan blynk yang di install dihandphone sebagai monitoring air. Dengan adanya penelitian pengisian air tandon ini menjadi lebih efektif karena menjadi otomatis ketika air tandon dalam keadaan kosong mesin akan menyala dan mengisi air dalam tandon juga sebaliknya ketika air tandon penuh maka mesin akan mati, dan juga kapasistas air tandon bisa dilihat atau dimonitor lewat handphone dengan aplikasi blynk.Keywords :  Sensor Ultrasonik HC-SR04, Relay, Wemos, Indikator Level Air, Blynk
PERANCANGAN APLIKASI KOMPARASI PERHITUNGAN HARGA POKOK PENJUALAN ANTARA METODE FIFO, LIFO DAN AVERAGE Aulia Rizky Muhammad Hendrik Noor Asegaff
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 8, No 2 (2017): TECHNOLOGIA
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (118.56 KB) | DOI: 10.31602/tji.v8i2.1109

Abstract

Setiap perusahaan, apakah itu perusahaan dagang atau manufaktur dalam kegiatan operasionalnya memerlukan persediaan. Tanpa adanya persediaan para pengusaha akan dihadapkan pada resiko bahwa perusahaannya pada suatu waktu tidak dapat memenuhi keinginan para pelanggannya. Dalam perusahaan dagang memiliki satu persediaan yaitu persediaan barang dagangan sedangkan perusahaan manufaktur terdapat tiga persediaan yaitu persediaan bahan baku, persediaan barang dalam proses dan persediaan barang jadi.Penulisan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui barapa basarnya harga pokok penjualan dari persediaan barang jadi dengan menggunakan metode FIFO, LIFO dan Average dan untuk mengetahui dari ketiga metode tersebut mana yang lebih menguntungkan jika dilihat dari pendapatan perusahaan. Setelah melakukan komparasi perhitungan dengan menggunakan ketiga metode tersebut dapat dilihat bahwa metode Average yang mempunyai harga pokok penjualan paling kecil dan persediaan akhirnya paling besar.Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan Visual Basic 6.0. tampilan program yang sederhana diharapkan untuk mempermudah pemahaman dalam menjalankan proses transaksi penentuan harga pokok penjualan.Kata Kunci : harga pokok, komparasi, FIFO, LIFO, Average
SISTEM PENGAMANAN PINTU RUMAH BERBASIS Internet Of Things (IoT) Dengan ESP8266 Arafat Arafat
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 7, No 4 (2016): TECHNOLOGIA
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.663 KB) | DOI: 10.31602/tji.v7i4.661

Abstract

Berbagai permasalahan selalu mengancam keamanan pemilik rumah seperti pencurian. Hal ini menyebabkan diperlukannya sistem keamanan rumah. Sistem keamanan berfungsi memberikan informasi yang terjadi di dalam rumah. Internet of Things (IoT) membuat perangkat dapat berkomunikasi seperti mengirim dan menerima data. Penelitian ini merancang sistem pengamanan pintu yang terdiri dari esp8266, selenoid dan reed sensor. Aplikasi blynk mampu memberikan informasi secara realtime kepada pengguna, sehingga dapat memantau keadaan pintu serta dapat menginformasikan jika ada yang membuka pintu secara paksa. Ketika pintu terbuka reed sensor akan berlogika 0 dan esp8266 memberikan informasi data sensor yang dikirim ke blynk, kemudian data tersebut diakses dengan aplikasi blynk sebagai tampilan user interface. Untuk membuka pintu dibuatkan sebuah push button pada aplikasi blynk yang berfungsi untuk membuka dan menutup kunci menggunkan selenoid lock.
KLASIFIKASI TINGKAT PENGETAHUAN IBU DALAM PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF MENGGUNAKAN ALGORITMA DECISION TREE C4.5 BERBASIS PSO Yusup Indra Wijaya
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 9, No 2 (2018): TECHNOLOGIA
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (404.202 KB) | DOI: 10.31602/tji.v9i2.1377

Abstract

Pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif di Indonesia masih sangat memprihatinkan dan perlu banyak mendapat perhatian dari semua pihak. Kesadaran ibu untuk memberikan ASI secara eksklusif masih sangat rendah dan menunjukkan penurunan dari tahun ketahun. Pada tahun 2008 cakupan ASI eksklusif di Indonesia hanya 24,3%, tahun 2009 adalah 34,3%, tahun 2010 hanya 15,3%, sedangkan target yang ingin dicapai adalah 80%. Rendahnya pemberian ASI eksklusif ini menjadi pemicu rendahnya status gizi bayi dan balita dan dapat menjadi penyebab tidak langsung kematian bayi. ASI memegang peranan penting untuk menjaga kesehatan dan kelangsungan hidup bayi karena ASI adalah makanan yang terbaik untuk bayi, oleh karena itu sangat disayangkan apabila sesudah persalinan ibu tidak memberikan ASI secara eksklusif atau bahkan menghentikan sama sekali pemberian ASI kepada bayinya. Hal demikian dapat terjadi karena beberapa faktor yaitu salah satunya adalah karena kurangnya tingkat pengetahuan ibu dalam pemberian ASI eksklusif. Dari kasus ini metode yang diusulkan adalah algoritma decision tree C4.5 berbasis particle swarm optimization (PSO) dengan harapan dapat menghasilkan akurasi yang baik untuk menentukan prediksi tingkat pengetahuan ibu dalam pemberian ASI eksklusif.Keywords: ASI Eksklusif, Status Gizi, Data Mining, C4.5, PSO
PREDIKSI PENJUALAN OBAT HERBAL HP PRO MENGGUNAKAN ALGORITMA NEURAL NETWORK Dwi Agung Wibowo
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 9, No 1 (2018): TECHNOLOGIA
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (617.598 KB) | DOI: 10.31602/tji.v9i1.1100

Abstract

Sistem prediksi adalah sebuah perangkat untuk mendukung aktifitas manusia.Setiap tempat dapat dilihat bahwa untuk memutuskan sesuatu manusia memerlukan hasil prediksi. Terdapat beberapa perangkat  prediksi yang dikembangkan dan diteliti. Dari waktu  kewaktu  kerumitan dan kemampuannya semakinmeningkat.Prediksi tidak hanya dimiliki oleh ahli  matematika yang memiliki  kemampuan  matematis. Saat ini prediksi digunakan oleh manusia di berbagai latar belakang pengetahuan dan pekerjaan Pada area ekonomi, terdapat beberapa alat untuk melakukan prediksi sesuatu yang berkaitan dengan parameter maupun variable ekonomi, seperti bursa efek, inflasi, pertumbuhan ekonomi, pertukaran nilai kurs dll.Seringkali prediksi dilakukan untuk mendukung penyusunan Anggaran Belanja NegaraPada level perusahaan, prediksi memegang peran yang  penting untuk perencanaan dan evaluasi. Salah satu prediksi yang penting adalah prediksi penjualan. Dari hasil prediksi ini, perusahaan dapat merencanakan produksi, strategi pemasaran dan anggaran. Tetapi dengan meningkatnya kompleksitas perusahaan(persaingan, perubahan budaya, perubahan lingkungan dll) akan  mempengaruhi hasil prediksi dan dapat mengurangi akurasi dan menambah kesalahan prediksi.Untuk itu, saat ini diperlukan system prediksi yang baru, yang memiliki kemampuan untuk beradaptasiterhadap perubahan. Berbicara tentang adaptasi, terdapat perangkat adaptasi yang sangat  menarik yang dikembangkan oleh ahli sistem kendali. Perangkat adaptasi ini adalah algoritma neural network yangdapat digunakan sebagai prediksi penjualan. Kata kunci: penjualan, jaringan saraf tiruan prediksi rentet waktu,Mean Squard Error (RMSE)
PERANCANGAN APLIKASI PENGELOLAAN STOCK BARANG PROMOSI PADA PT SHANGHIANG PERKASA CABANG BANJARMASIN Galih Mahalisa
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 7, No 4 (2016): TECHNOLOGIA
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (515.145 KB) | DOI: 10.31602/tji.v7i4.652

Abstract

Promosi adalah suatu usaha dari pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barang / jasa yang dipasarkannya. Jadi barang promosi merupakan sarana terpenting dalam meningkatkan angka penjualan dan keuntungan bagi perusahaan sehingga barang tersebut harus dikelola dengan sebaik-baiknya. Aplikasi pengelolaan barang ini dirasa dapat memudahkan sistem barang masuk dan keluar sehingga lebih efisien dan akurat. Dalam penelitian ini sistem yang akan dijalankan yaitu membuat ulang kode barang dari cabang, input daftar memo dari kantor pusat, proses kontribusi, proses break barang, input barang masuk , input permintaan barang atau disebut barang keluar, proses pengembalian barang , proses monitoring barang, membuat surat keluar, membuat berita acara, dan membuat serah terima inventaris. Dan output yang dihasilkan, yaitu laporan barang masuk, rekap promo cabang, proses permintaan barang, laporan barang keluar, laporan update stock barang, laporan monitoring barang rekap surat keluar, rekap berita acara, dan rekap serah terima. Dari hasil pengujian maka diharapkan bisa meringankan pekerjaan dalam proses pencatatatan barang masuk, permintaan barang, update stock barang, dan pembuatan semua laporan dengan mudah
PROTOYPE APLIKASI DATA SUMBER DAYA MANUSIA(SDM) UNTUK PENYEDIA LAYANAN JASA ASISTEN RUMAH TANGGA DI BANJARMASIN Rina Alfah
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 10, No 1 (2019): TECHNOLOGIA (JANUARI)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.669 KB) | DOI: 10.31602/tji.v10i1.1753

Abstract

Untuk membantu mempermudah Penyedia layanan jasa Baby Sitter dalam mendata para calon BS (Baby Sitter ) dan ART (Asisten Rumah Tangga) maka perlu adanya sebuah sistem Komputer pada tempat tersebut. Untuk itu maka kami merancang sebuah aplikasi dengan menggunakan pemrograman power builder dan mysql ,sebuah aplikasi Data SDM Untuk penyedia layanan jasa Baby sitter dan asisten rumah tangga. Dengan ada nya aplikasi ini diharapkan jika ada permasalahan dari baby sitter ataupun asisten rumah tangga dengan orang yang memakai jasa mereka ,misalnya kasus kekerasan pada anak atau pencurian dirumah mereka , maka penyedia jasa bisa langsung mencari data lengkap personal yang bersangkutan dengan cepat. Selain itu aplikasi ini mencakup data pribadi/personal (curriculum vitae), penilaian kerja , dan data transaksi penggajihan untuk BS dan ART setiap bulannya. Keywords: Aplikasi, Baby Sitter, MySQL, Power Builder, Transaksi
RANCANG BANGUN APLIKASI GAME DEKSTOP LOKAL BANJARMASIN POMA 3D GAME ADVENTURE MENGGUNAKAN UNITY GAME ENGINE Zayid Musiafa
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 8, No 4 (2017): TECHNOLOGIA
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (630.865 KB) | DOI: 10.31602/tji.v8i4.1123

Abstract

Bangsa Indonesia memiliki banyak kepulauan dan bentang geografis yang beragam, diiantaranya Kalimantan. Kota Banjarmasin adalah ibu kota provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Banjarmasin yang dijuluki Kota Seribu Sungai ini memiliki wilayah seluas 98,46 km² yang wilayahnya merupakan delta atau kepulauan. Memiliki budaya sungai dengan interaksi masyarakat yang sangat kuat terhadap sungai baik dalam kegiatan sosial maupun ekonomi. Saat ini, game merupakan media hiburan yang memanfaatkan tekhnologi. Game di Indonesia sendiri sedang banyak diminati para remaja. Game yang ada semakin canggih dan menarik. Karena menariknya gama-game sekarang mayoritas memiliki tujuan sebagai media hiburan saja, sedangkan untuk game yang memiliki tujuan hiburan serta mengandung edukasi lokal hanya sedikit. Oleh sebab ulasan diatas  maka perlu dibuatlah sebuah game bertama lokal. Gagasan rancang bangun aplikasi permainan dekstop lokal banjarmasin poma 3d game adventure menggunakan unity game engine ini berstoryline mengeksplor sedikit hal yang menarik dari lingkup kota Banjarmasin seperti mengangkat beberapa ciri khas (ikon) atau kegiatan yang dekat dengan kehidupan masyarakat kota Banjarmasin dari permainan game tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi positif sebagai media mengenalkan potensi daerah secara universal. Kata Kunci : A Star, Game, Unity, 3d, Game Engine, 3Ds Max, Lokal Banjarmasin.

Page 1 of 28 | Total Record : 280