cover
Contact Name
Wagino
Contact Email
ginouniska@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ginouniska@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Technologia: Jurnal Ilmiah
ISSN : 20866917     EISSN : 26568047     DOI : -
Core Subject : Science,
Technologia: Jurnal Ilmiah adalah wadah informasi, hasil penelitian, dan tulisan terkait bidang Teknik Informatika dan Sistem Informasi yang dikelola oleh Fakultas Teknologi Informasi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari. Frekuensi terbitan pada jurnal ini 4 kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 360 Documents
ANALISIS USABILITY UNTUK PENGGUNAAN APLIKASI SIGNATURE QR CODE PADA KEABSAHAN DOKUMEN SKRIPSI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN USE (Usefulness, Satisfaction, Ease Of Use) QUESTIONNAIRE. Nur Alam Syah; M. Muflih; Muhammad Edya Rosadi; Muharir Muharir
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 14, No 1 (2023): Technologia (Januari)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/tji.v14i1.10002

Abstract

Sejak Awal 2020 Penyebaran Coronavirus (Covid-19) begitu cepat bahkan telah menjadi pandemi secara global yang mempengaruhi negara-negara berkembang dengan sumber daya terbatas (Mishal et al., 2020). Pandemi Covid-19 membuat beberapa perusahaan hingga pendidikan tinggi terkena dampak dalam segi sektor, aktivitas sosial, hingga manajemen(Riza, 2020). Pandemi ini memberikan dampak yang cukup besar juga bagi siklus dunia pendidikan tinggi dari segi kinerja staff (Sudaryono et al., 2020).Pemerintah sudah mengeluarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri No. 22 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 Covid-19  di Wilayah Jawa dan Bali untuk mengatasi penyebaran Covid-19 dimana sesuai dengan instruksi ini pelaksanaan kegiatan masih dilaksanakan secara daring/online. Akibat dari pembatasan kegiatan masyarakat, ICT for Development Researcher Daniel Oscar Baskoro mengatakan semakin banyak yang memanfaatkan fasilitas digital yang ada, dan orang-orang bisa melakukan pekerjaan dari jarah jauh. Menurut Kominfo salah satu adopsi teknologi yang paling masif yaitu tanda tangan digital atau digital signature, tercatat penggunaan tanda tangan digital melonjak 350 persen selama pandemi. Bagi mahasiswa yang sedang atau telah mengerjakan penelitian atau skripsi khususnya untuk dokumen-dokumen yang harus ditanda tangani. misalkan sedang butuh tanda tangan dosen pembimbing untuk lembar pengesahan skripsi atau tanda tangan lembar penguji, dengan dibatasi kegiatan dikampus dimasa pandemi atau kebetulan dosen pembimbing atau penguji diluar kota maka solusinya adalah tanda tangan dalam bentuk digital atau Signature QR Code.
APLIKASI PENGELOLAAN DATA SERVIS PADA ASUS CUSTOMER SERVICE CENTER BANJARMASIN Wagino Wagino
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 7, No 4 (2016): TECHNOLOGIA
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.314 KB) | DOI: 10.31602/tji.v7i4.1009

Abstract

Selama ini Pengolahan data servis pada Asus Customer Service Center  Banjarmasin masih menggunakan cara sederhana, misalnya dalam pengelolaan data servis masih menggunakan excel dan juga buku besar, sehingga mengakibatkan beberapa masalah yang muncul diantaranya pengolahan data servis menjadi lambat yang mengakibatkan keterlambatan dalam pengolahan data servis. Penelitian ini membuat suatu aplikasi pengolahan data servis berbasis WEB yang bertujuan untuk mengelola data servis serta data spare part pada Asus Customer Service Center  Banjarmasin. Proses pembuatan aplikasi pengolahan data servis ini menggunakan bahasa pemograman PHP dan database menggunakan MySQL dan juga aplikasi Dreamweaver sebagai tools yang digunakan sebagai tools tambahan. Hasil aplikasi yang dibuat yaitu membantu pengelolaan data servis maupun data sparepart dan juga mampu menangani permasalahan-permasalahan yang selama ini di alami oleh Asus Customer Service Center  Banjarmasin, serta memberikan kemudahan bagi karyawan atau juga pengguna lain dalam proses pencatatan, penyimpanan, dan pencarian data agar lebih cepat, tepat dan akurat. Kata Kunci : WEB, Adobe Dreamweaver, PHP, MySQL
KLASIFIKASI DATA MINING DENGAN ALGORITMA MACHINE LARNING UNTUK PREDIKSI PENYAKIT LIVER F. Lia Dwi Cahyanti; Fajar Sarasati; Widi Astuti; Elly Firasari
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 14, No 2 (2023): Technologia (April)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/tji.v14i2.10093

Abstract

Liver merupakan organ tubuh manusia yang memiliki peranan sangat penting seperti mencerna, menyerap, membantu proses pencernaan makanan serta menghancurkan racun di dalam darah. Penyakit hati atau liver yang sudah akut sangat mempengaruhi fungsi-fungsi hati, penyakit hati dapat diketahui dari munculnya gejala klinis maupun fisik yang timbul pada pasien. Penelitian ini membahas tentang klasifikasi penyakit liver pada dataset ILPD yang diambil dari UCI Machine learning Repository menggunakan algoritma machine learning. Dataset terdiri dari 583 record data, 10 kriteria, dan 1 variable kelas berjenis multivariate. Penelitian ini menggunakan beberapa tahapan preprocessing yang dilakukan, diantaranya : Preprocessing Data Dan Eksplorasi Data, Penanganan missing value, feature selection, menerapkan feature correlation dan feature scaling, Analisis menggunakan Algoritma Machine learning. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dalam memperoleh nilai akurasi perhitungan klasifikasi menggunakan Algoritma Random Forest memiliki performa  keakuratan yang diukur dengan akurasi sebesar 78,63% sehingga disimpulkan akurasi tersebut lebih unggul dari algoritma lainnya dalam klasifikasi penyakit liver.
KEEFEKTIFAN INSTAGRAM SEBAGAI SOCIAL COMMERCE PADA MAHASISWA DI KOTA BATAM Eryc Eryc; Dandhytya Andrea Puspa
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 14, No 2 (2023): Technologia (April)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/tji.v14i2.10271

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan Instagram sebagai platform social commerce untuk pembelian produk fashion di kalangan mahasiswa di Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed-method, dimana data penelitian kuantitatif dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada 380 mahasiswa di Batam yang aktif menggunakan Instagram. Sedangkan pada penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara kepada 30 informan yang merupakan mahasiswa di Batam yang aktif menggunakan Instagram. Data kuantitatif dianalisis dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas menggunakan software IBM SPSS Statistics 24, kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan teknik SEM menggunakan SmartPLS 3. Data kualitatif dianalisis dengan teknik kodifikasi data, kemudian data diubah ke dalam bentuk kuantitatif yang kemudian dianalisis seperti data kuantitatif. Hasil penelitian kuantitatif menunjukkan bahwa variabel e-WOM dan Online Trust berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli. Hasil penelitian kualitatif menunjukkan bahwa variabel e-WOM berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli, sedangkan variabel Online Trust tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli
ANALISA IKLAN ONLINE DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEINGINAN UNTUK MEMAINKAN GAME MOBILE LEGENDS PADA GENERASI Z KOTA BATAM Eryc Eryc; Elving Whang
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 14, No 2 (2023): Technologia (April)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/tji.v14i2.10272

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi periklanan media online dalam membentuk intention to play dan brand awareness terhadap  intention to play pada mobile game “Mobile Legend”. Metode yang digunakan yakni metode uantitatif terdapat 3 (tiga) variabel yang diteliti dalam penelitian ini yaitu paparan periklanan (x1) dan Brand Awareness (x2) sebagai variabel bebas, serta Intention to Play (y1) sebagai variabel terikat. Peneliti menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data kemudian akan dianalisis dengan bantuan software SPSS 25 yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan antar variabel dengan uji regresi. Hasil yang didapatkan terdapat bahwa Paparan Iklan mengakibatkan Intention to play yang sangat signifikan dan brand awareness mengakibatkan intention to play  yang sangat signifikan pada Generasi Z yang  ada di kota Batam membuktikan strategi periklanan yang efektif dapat meningkatkan kesadaran merek dagang masyarakat terhadap produk yang ingin dipasarkan menggunakan media massa online yang bertujuan untuk meningkatkan brand awareness berkaitan dengan peningkatan Intention to Play sehingga seseorang berminat untuk memainkan permainan ini
MEMBANGUN WEBSITE UPT SD NEGERI 1 SUKOHARJO I PRINGSEWU MENGGUNAKAN PHP & MYSQL Elisabet Yunaeti Anggraeni; Suyono Suyono; Walterindra GP
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 14, No 2 (2023): Technologia (April)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/tji.v14i2.10275

Abstract

Website berfungsi sebagai media untuk memudahkan sekolah berbagi informasi dengan orang tua dan guru. Website juga merupakan  media komunikasi  pihak sekolah  dengan  instansi  terkait  lainnya. UPT SD Negeri 1 Sukoharjo I Pringsewu merupakan salah satu sekolah yang masih membutuhkan sarana teknologi informasi website untuk menyampaikan informasi lebih luas, UPT SD Negeri 1 Sukoharjo I Pringsewu adalah salah satu instansi pendidikan yang belum memiliki website. Untuk itu perlu dibuatnya website sebagai sarana penyampaian informasi kepada warga sekolah maupun masyarakat luas mengenai UPT SD Negeri 1 Sukoharjo I Pringsewu. Dalam merancang sistem  informasi Website Sekolah  SDN  1  Sukoharjo I Pringsewu menggunakan metode  pendekatan sistem dengan model waterfall. Model waterfall adalah sebuah pendekatan perangkat lunak yang sistematis dan sekuensial dimulai dari tingkat analisis, desain, kode, pengujian, dan, pemeliharaan. Proses pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara, observasi serta melakukan pengumpulan data dari berbagai sumber referensi. Dalam pembuatan system ini digunakan alat bantu pengembangan system yaitu dengan menggunakan, XAMPP, Sublime Text 3 dan phpMyAdmin sebagai databasenya. Website ini di gunakan sebagai sarana informasi baik itu siswa, guru maupun masyarakat luas. Website berbentuk dinamis yang memungkinkan menarik pengunjung maupun calon siswa baru untuk mendaftar. Website ini juga  dapat dimanfaatkan oleh operator sekolah dalam pemutakhiran data guru sebagai instrumen monitoring. Kata Kunci : Website, Sublime Text 3, UPT SD Negeri 1 Sukoharjo I Pringsewu 
PENERAPAN DAN PERBANDINGAN METODE AHP DAN TOPSIS UNTUK SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK Zatin Niqotaini
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 14, No 2 (2023): Technologia (April)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/tji.v14i2.10280

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan serta perbandingan metode AHP dan metode TOPSIS untuk sistem pendukung keputusan pemilihan karyawan terbaik di PT. Sukses. Kriteria yang digunakan dalam penelitian ini adalah absensi, dedikasi, disiplin, kerja sama, komunikasi, tanggung jawab. Dengan hasil uji sensitivitas dinyatakan bahwa metode AHP memiliki perubahan presentase sesitivitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode TOPSIS. Hal ini terlihat pada nilai uji senstivitas metode AHP dengan presentase nilai perubahan sensitivitas sebesar 1.65344%, sedangkan pada metode TOPSIS presentase nilai perubahan sensitivitas sebesar -0.001085%. Hasil pada metode AHP alternatif yang terpilih yaitu A5 dengan nama Melly, sedangkan hasil pada metode TOPSIS alternatif yang terpilih yaitu A5 juga dengan nama Melly, diketahui bahwa metode AHP relevan untuk pemilihan karyawan terbaik di PT. Sukses.
Aplikasi Absensi Pegawai Berbasis Android (GPS) Pada Command Center DISKOMINFO Lampung Tengah Tri Susilowati; Sri hartati; Bejo Dwi Handoko
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 14, No 2 (2023): Technologia (April)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/tji.v14i2.10340

Abstract

Pesatnya perkembangan Teknologi di berbagai sektor dan berbagai aspek, terlebih dalam beberapa dakade terakhir. Pemanfaatan teknologi sudah menjadi hal wajib dalam mendukung efektivitas suatu bekerja. Teknologi secara menyeluruh yang kini digunakan oleh semua lapisan masyarakat di Indonesia adalah smartphone (ponsel pintar) yang menggunakan sistem Android. Dengan adanya teknologi ini, penyampaian dan pengiriman informasi dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi android yang dapat membantu pegawai untuk melakukan absensi dengan lebih mudah dan akurat di masa pandemi Covid-19. Metode absensi yang banyak digunakan oleh pegawai selain secara manual adalah secara elektronik dengan menggunakan pemindaian sidik jari (fingerprint) dan pemindaian retina mata (iris recognition system). Metode yang digunakan untuk pembuatan aplikasi ini adalah Rapid Application Development (RAD). Absensi pegawai yang dilakukan dengan sistem ini dapat memungkinkan pengguna untuk melakukan absensi dengan menggunakan smartphone android pribadi. Selain merekam waktu, posisi saat melakukan proses absensi pun akan terekam karena aplikasi ini menggunakan GPS (Global Positioning System).
Sistem Informasi Monitoring Peserta Magang Berbasis Web Pada Divisi Sales & Business Development Di Mayar Kota Bandung Bakti Bestin; Mohamad Gifahri Addiansyah; Rudy Sofian; Fahmi Reza Ferdiansyah; Muhammad Ngainul Wafa
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 14, No 2 (2023): Technologia (April)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/tji.v14i2.10424

Abstract

Mayar adalah platform untuk mengelola transaksi pembayaran online, terkhusus untuk menerima transaksi donasi, webinar, event, produk digital dan lain sebagainya. Mayar diciptakan untuk merchant berjualan dan dapat membuka peluang bagi mahasiswa yang ingin bergabung untuk internship/magang. Program magang dilakukan secara work from home (WFH) namun terdapat permasalahan yaitu pelaporan leads (calon klien/prospek), kegiatan calon leads masih belum terdokumentasi dengan baik, serta proses monitoring masih dilakukan dengan menggunakan spreadsheet. Hal tersebut membuat pembimbing merasa kesulitan untuk memonitoring progress para peserta magang. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukannya pembuatan sistem informasi monitoring untuk membantu pembimbing dalam melakukan monitoring terhadap kegiatan magang secara real time serta dapat memindahkan sistem jobdesk magang mahasiswa yang masih dilakukan pada spreadsheet menjadi sistem informasi terpusat. Metode yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak adalah metode waterfall. Hasil penelitian ini dapat mempermudah pembimbing dalam memonitoring progress magang agar terdokumentasi dengan baik sehingga kegiatan calon leads ini dapat menjadi informasi yang terpusat.
PENERAPAN SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PERADANGAN PULPA GIGI DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR Mhd Furqan; Yusuf Ramadhan Nasution; Aisyah Nurrahmah Siregar
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 14, No 2 (2023): Technologia (April)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/tji.v14i2.10448

Abstract

 Bagian dari mulut yang punya peran penting dalam proses pencernaan untuk memecah makanan dengan bantuan lidah dan air liur adalah gigi. Gigi juga dapat membantu orang berbicara dengan jelas. Sehingga ketika gigi mengalami masalah maka si penderita akan merasa kesulitan bahkan kesakitan. Peradangan pulpa gigi atau yang lebih dikenal dengan pulpitis adalah salah satu dari beberapa penyakit gigi dan mulut yang lazim diderita masyarakat saat ini. Oleh sebab itu penulis berpendapat bahwa sistem pakar bisa dijadikan  sebagai jalan keluar untuk mendeskripsikan dan menjelaskan jenis penyakit yang ada pada gigi sehingga jenis penyakit pada gigi dapat lebih mudah diketahui oleh si penderita tanpa harus langsung menemui dokter. Metode Certainty Factor menjadi salah satu metode yang cocok digunakan  untuk mendiagnosis penyakit gigi  pulpitis. Kemudian pada penelitian ini dikembangkan sebuah aplikasi sistem pakar diagnosis pulpitis dengan metode Certainty Factor berbasis mobile dengan maksud memudahkan penderita dalam mendiagnosis pulpitis pada gigi yang terindikasi serta memungkinkan deteksi dan perawatan pulpitis. Pada penelitian ini ditemukan hasil bahwa gejala pulpitis dirangkum menjadi 12 gejala, pilihan tingkat kepercayaan untuk setiap gejala adalah antara 0 dan 1, dan yang terakhir adalah pulpitis diklasifikasikan menjadi lima jenis.

Page 1 of 36 | Total Record : 360