Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 5, No 2 (2014): GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan

PENGARUH METODE GROUP INVESTIGASION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN PADA SISWA KELAS XI SMAN 2 MEUREUBO

Siti Khatijah (Prodi Pendidikan Biologi, STKIP Bina Bangsa Meulaboh)
Izwar Izwar (Prodi Pendidikan Biologi, STKIP Bina Bangsa Meulaboh)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Group Investigation pada materi struktur dan fungsi jaringanpada tumbuhan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Meureubo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMAN 1Mereubo Kabupaten Aceh Barat, pada bulan Januari 2014. Subjek adalah seluruh siswa kelas XI IPA 2 Sekolah Menengah Atas yang berjumlah 23 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar angket dan tes formatif.  Data dianalisis dengan  menggunakan rumus persentase. Dari hasil penelitia diperoleh adanya peningkatan nilai dari 47% mencapai 100% yang mencapai ketuntasan. Sedangkan mahasiswa yang memperoleh nilai yang tidak mencapai ketuntasan sebanyak 12 orang atau sebesar 53%. Berdasarka hasil penelitian dapat disimpulkan adanya pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan adanya penerapan metode group investegation dalam pembelajaran struktur jaringan. Kata kunci: Pengaruh, group investigation, hasil belajar, struktur dan jaringan

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

gm

Publisher

Subject

Aerospace Engineering

Description

Jurnal Ilmiah dengan fokus semua bidang Pendidikan (pendidikan dasar hingga perguruan tinggi). Journal ini di publish secara berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan ...