cover
Contact Name
Fetro Dola Syamsu
Contact Email
defetro@gmail.com
Phone
+6285274164449
Journal Mail Official
uppm@stkipbbm.ac.id
Editorial Address
Jl. Meulaboh - Tapak Tuan, Peunaga Cut Ujong, Meureubo, Aceh Barat 23615
Location
Kab. aceh barat,
Aceh
INDONESIA
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
ISSN : 23016671     EISSN : 25806416     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Ilmiah dengan fokus semua bidang Pendidikan (pendidikan dasar hingga perguruan tinggi). Journal ini di publish secara berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Januari dan Juli).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 539 Documents
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-2 MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS PELAJARAN MATEMATIKA PADA SMP NEGERI 1 LABUHANHAJI TIMUR Zikri Zikri
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 7, No 2 (2016): GENTA MULIA : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (151.406 KB)

Abstract

Abstrak:Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh model pembelajaran tipe STAD terhadap hasil belajar Pelajaran Matematika . (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Pelajaran Matematika  setelah diterapkannya pembelajaran model tipe STAD pada siswa Kelas VIII-2 Pelajaran Matematika  Materi persamaan garis lurus.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah  siswa yang dijadikan sampel penelitian yaitu Kelas VIII-2 dengan jumlah siswa 36 orang terdiri dari 21 orang laki-laki dan 15 orang perempuan pada SMP Negeri 1 Labuhanhaji Timur . Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Siklus I berlangsung dengan satu kali tatap muka, ,dan siklus II berlangsung dengan satu kali tatap muka, setiap sesi berlangsung selama 40 menit Data yang diperoleh berupa hasil tes harian, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (16,67%), siklus II (88,89%),. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran tipe STAD dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa VIII-2 SMP Negeri 1 Labuhanhaji Timur .Kata kunci: Kooperatif tipe STAD, Hasil Belajar, Matematika.
HUBUNGAN PERILAKU MEROKOK DENGAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA PEROKOK PADA PROGDI BK FKIP DI UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA SALATIGA Dias Mozarita Mustikasari; Yari Dwikurnaningsih; Yustinus Windrawanto
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 10, No 1 (2019): GENTA MULIA : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (76.833 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi perilaku merokok dengan kepercayaan diri pada mahasiswa perokok progdi BK FKIP di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 68 mahasiswa perokok dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 68 mahasiswa perokok. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik total sampling. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan skala likert. Skala perilaku merokok disusun berdasarkan teori Aritonang dan skala kepercayaan diri disusun berdasarkan teori Lauster oleh peneliti. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan korelasi kendall’s tau-b. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS for Windows 20.0 Version. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara perilaku merokok dengan kepercayaan diri mahasiswa perokok pada progdi BK FKIP di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, dengan nilai r = 0,038, α = 0,659 maka 0,069 > 0,05. Kata-kata Kunci: Perilaku, Merokok, Kepercayaan ,Diri.
HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS LAYANAN INFORMASI DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS XI LI (LISTRIK INDUSTRI) SMK SARASWATI SALATIGA Khori Wahyu; Tritjahjo Danny S; Setyorini Setyorini
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 10, No 2 (2019): Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.485 KB)

Abstract

setyorini@staff.uksw.eduAbstrak: Penelitian ini dilaksanakan di SMK Saraswati Salatiga khususnya kelas XI, LI (Listrik Industri). Pengambilan subjek penelitian dengan menggunakan teknik total sampling yaitu pengambilan sampel menggunakan sampel total seluruh siswa kelas XI LI SMK Saraswati Salatiga yang berjumlah 90 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara  intensitas layanan informasi dengan kedisiplinan belajar siswa kelas XI LI SMK Saraswati Salatiga. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala layanan informasi mengacu pada teori Depdiknas (2007) dan skala kedisiplinan belajar yang disusun oleh Putri Purwandi (2017) yang mengacu pada teori Tu’u (2004). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kendall’s Tau-b dengan menggunakan program SPSS for windows release 20.0. Dari hasil analisis data diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas layanan informasi dengan kedisiplinan belajar siswa kelas XI LI SMK Saraswati Salatiga dengan hasil (r) sebesar 0,434 dan p = 0,000 (p < 0,05) maka hubungan kedua variabel tersebut positif dan signifikan. Dengandemikian, hipotesis peneliti “Ada hubungan yang signifikan antara intensitas layanan informasi dengan kedisiplinan belajar siswa kelas XI LI SMK Saraswati Salatiga”.  Kata Kunci : Intensitas Layanan Informasi , Kedisiplinan Belajar
PENGARUH PAKAN HIJAUAN DAN KONSENTRAT TERHADAP DAYA CERNA PADA SAPI ACEH JANTAN Syah Hadiid Thaariq
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 8, No 2 (2017): GENTA MULIA : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (481.61 KB)

Abstract

Penelitian tentang pengaruh pakan hijauan dan konsentrat terhadap daya cerna protein dan serat kasar pada sapi aceh jantan telah dilakukan di BPTU (Balai Pembibitan Ternak Unggul) Kec Indrapuri Kab Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan selama 40 hari yang dimulai dari tanggal 1 Januari 2017 sampai dengan 9 Febuari 2017. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pakan hijauan dan konsentrat terhadap daya cerna protein kasar dan serat kasar pada sapi aceh jantan. Materi penelitian yang digunakan adalah 12 ekor sapi aceh jantan dengan kisaran umur 2 - 2,5 tahun dengan berat badan 150 – 170 kg. Perlakuan yang  diberikan adalah empat tingkat perbedaan proporsi pakan antara hijauan dan konsentrat yaitu perlakuan A (100%) sebagai kontrol, B (80% : 20%), C (60% : 40%), dan D (40% : 60%). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) 4 perlakuan 3 kelompok. Parameter yang diukur adalah koefisien cerna protein kasar, serat kasar. Data yang diperoleh diolah menggunakan analisa sidik ragam. Hasil penelitian pengaruh pemberian hijauan dan konsentrat pada ternak sapi Aceh jantan berpengaruh (P<0,05) terhadap daya cerna protein kasar, lemak kasar dan serat kasar, namun tidak berpengaruh pada daya cerna cerna bahan kering (P>0,05).
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN ROGRAM KESEHATAN DAN PENDIDIKAN GRATIS DI KABUPATEN HALMAHERA SELATAN TAHUN 2008-2014 Muhammad Agus Umar
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 9, No 1 (2018): GENTA MULIA : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (103.548 KB)

Abstract

Abstrak: Sistem desentralisasi saat ini yang pelaksanaannya diwujudkan dengan pemberian kewenangan kepada daerah-daerah bertujuan memungkinkan daerah  untuk menghasilkan sebuah kebijakan yang meningkatkan daya guna penyelenggaraan pemerintah dalam rangka pelayanan terhadap masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana implementasi kebijakan program kesehatan dan pendidikan gratis oleh pemerintah daerah Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara pada tahun 2008-2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementaasi pelaksanaan kebijakan program kesehatan dan pendidikan gratis oleh pemerintah daerah Kabupaten Halmahera Selatan dalam kurun waktu tahun 2008-2014 sudah tepat sasaran dan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Meskipun dari segi pembiyaan menurut para pelaksana program di tingkat bawah belum dapat memenuhi item-item pendukung operasional program kegiatan, tetapi kebijakan ini merupakan sebuah terobosan pemerintah daerah sebagai bentuk pelayanan terhadap hak-hak dasar masyarakat. Kata Kunci : implementasi, kebijakan, program kesehatan dan pendidikan gratis.
UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKn MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVENT DIVISION) PADA SISWA KELAS XI TAV (TEKNIK AUDIO VIDEO) B SEMESTER I TAHUN AJARAN 2017/2018 Galih Toni Purwanto; Nani Mediatati; Yosaphat Haris Nusarasriya
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 9, No 2 (2018): GENTA MULIA : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (102.985 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan  keaktifan dan hasil belajar siswa dalam  mata pelajaran PPKn dengan mengunakan  metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievent Division. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan tes. Analisis data yang dilakukan dengan membandingkan hasil sebelum diberi tindakan dan sesudah diberi tindakan yang berkaitan dengan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievent Division) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI TAV B. Keaktifan siswa mengalami dari kondisi awal (pra siklus) sebesar 51,5% menjadi 72,7% pada siklus I dan meningkat kembali menjadi 93,9% pada siklus II. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari kondisi awal (pra siklus) sebesar 39,3% menjadi 72,7% pada siklus I dan meningkat kembali menjadi 100% pada siklus II. Kata kunci: Keaktifan Siswa, Hasil Belajar Siswa, Student Teams Achievent Division.
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI PELUANG KELAS XI SMA NEGERI 1 KAWAY XVI Mursyida Mursyida; Yuli Amalia
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 10, No 2 (2019): Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.854 KB)

Abstract

Perubahan orientasi dan pengembangan kurikulum 2013 SMA menempatkan matematika sebagai mata pelajaran dengan jam terbanyak dibandingkan kurikulum sebelumnya. Peneliti menemukan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika masih banyak khususnya materi peluang. Salah satu kelasalahan yang dilakukan siswa pada materi peluang adalah kesalahan dalam memahami soal yang diberikan guru di SMA Negeri 1 Kaway XVI. Oleh karena itu peneliti ingin mendeskripsikan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal tentang  materi  peluang  di  Kelas  XI  SMAN  1  Kaway  XVI.  Jenis  penelitian  ini  merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kaway XVI yang berjumlah 20 orang sedangkan objek dalam penelitian ini adalah sebanyak 5 orang siswa kelas XI yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika pada materi peluang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan wawancara. Perolehan yang didapat pada penelitian ini berupa penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi peluang adalah (1) kurang teliti, (2) belum paham dengan materi, (3) kurang memahami kalimat, (4) tidak membagi waktu, dan siswa lama dalam mengerjakan soal, dan (5) kurang minat. Adapun solusi dari penyebab terjadinya kesalahan dalam penelitian ini adalah, guru selalu memberikan tugas dan latihan secara rutin sehingga siswa mudah untuk mengingat bagaimana cara menyelesaiakan materi peluang dengan benar. Guru saat menjelaskan contoh soal dan materi secara mendetail agar siswa mudah mengingat cara menyelesaikan soal dengan cepat. Guru sering memberikan  latihan yang berbentuk cerita nyata yang bisa dilihat secara langsung, agar siswa terbiasa menyelesaikan soal-soal yang berbentuk cerita. Guru selalu memberitahukan siswa untuk mengerjakan soal yang bisa terlebih dahulu. Guru memberikan pelatihan-pelatihan untuk belajar cara menghitung cepat. Guru selalu memberikan lomba-lomba seperti cerdas cermat, sehingga siswa mempunyai minat untuk belajar.  Berdasarkan hasil tes yang peneliti lakukan kepada subjek penelitian faktor kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal tentang materi peluang yaitu prosedur tidak tepat, data hilang, data tidak tepat, manipulasi tidak langsung, dan kesimpulan hilang. Dari 20 orang siswa 13 yang kurang teliti sebesar 65%, 9 orang siswa yang belum paham dengan materi sebesar 45%, 7 orang siswa yang kurang memahami kalimat sebesar 35%, 8 orang siswa yang tidak membagi waktu, dan siswa lama dalam mengerjakan soal sebesar 40%, dan 3 orang siswa yang kurang minat sebesar 15%. Kata Kunci :     Kesalahan Siswa, Soal Matematika, Materi Peluang.
PERSEPSI SISWA TERHADAP SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP BINA BANGSA MEULABOH) Khausar Khausar; Riska Riani
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 5, No 2 (2014): GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.431 KB)

Abstract

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu pendidikan (STKIP Bina Bangsa Meulaboh) merupakan salah satu sekolah tinggi yang ada di Kabupaten Aceh Barat yang memiliki visi dan misi yang jelas dalam menghadapi tantangan  masa depan. STKIP Bina Bangsa Meulaboh saat ini memilki tiga program studi yaitu: Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Informasi yang sangat minim dan terbatas, mengakibatkan timbulnya persepsi yang berbeda-beda  dan  bahkan  bisa  salah  persepsi  karena  terbatasnya  pemahaman.  STKIP  Bina Bangsa Meulaboh dalam realitasnya telah memberikan kemajuan yang sangat berarti dalam pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa SMA Negeri 1 Labuhanhaji Timur Aceh Selatan terhadap STKIP Bina Bangsa Meulaboh. Metodologi penelitian, Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa SMA Negeri 1 Labuhanhaji Timur Kabupaten Aceh Selatan kurang baik terhadap STKIP Bina Bangsa Meulaboh, karena pemahaman siswa yang masih kurang baik terhadap STKIP Bina Bangsa Meulaboh. Sehingga berakibat pada kurangnya minat siswa untuk melanjutkan kuliah ke Sekolah STKIP Bina Bangsa Meulaboh tersebut. Pada akhirnya, dikemukakan beberapa saran kepada pihak STKIP Bina Bangsa Meulaboh). yaitu perlu adanya langkah-langkah yang dapat diambil untuk merubah persepsi siswa terhadap STKIP Bina Bangsa Meulaboh ke arah yang positif diperlukan suatu proses yang sifatnya mengacu pada pengetahuan dan pemahaman yang dilakukan terus-menerus dengan cara mengadakan sosialisasi   kepada lembaga pendidikan baik melalui media massa seperti koran, televisi,  majalah,  buletin  dan  sebagainya.  Atau  bisa  juga  dilakukan  dengan  cara  membentuk sebuah tim khusus dengan program khusus untuk memperkenalkan STKIP Bina Bangsa Meulaboh ke sekolah-sekolah.  Kata kunci:persepsi, siswa, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
KONSEP PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) BERBASIS ISLAM UNTUK MEMBANGUN PERILAKU ETIS SISWA Sri Hartati; Imas Kania Rahman
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 8, No 2 (2017): GENTA MULIA : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.353 KB)

Abstract

: Artikel ini mendeskripsikan tentang konsep pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy berbasis islam untuk membangun perilaku etis siswa. REBT untuk membantu mengubah cara berfikir seseorang irasional agar menjadi rasional dan mengubah perilakunya dari yang negative menjadi positif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan dengan metode dokumentasi.  Hasil analisis menjelaskan bahwa REBT berbasis islam esensinya sebagai upaya membantu memberdayakan kembali potensi yang ada di dalam diri individu yaitu manusia fitrah berupa aql, qolbu, nafs, ruh  serta kembali mengaktifkan keimanan dan ketakwaan hingga kembali berkembang dan berfungsi sebagaimana mestinya. Konsep-konsep yang digunakan merujuk pada konsep dasar yang dikemukakan Ellis, yaitu konsep A-B-C- D-E-G. Proses pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan subjek dalam membangun perilaku etis siswa yaitu menggunakan teknik kognitif, teknik imageri, dan teknik behavioristik. Muraqabah dan Muhasabah dihadirkan dalam proses terapi sebagai bagian dari teknik kognitif. Praktik pendekatan REBT berbasis islam menggunakan strategi bimbingan kelompok dan konseling individu. Intervensi yang dilakukan secara estafet dalam Rational Emotive Behavior Therapy berbasis islam yaitu dispute tingkah laku, asesmen perilaku, identifikasi masalah dan evaluasi. Perilaku etis setiap individu sebagai Abdullah adalah melakukan ibadah kepada Allah dengan menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah, sedangkan sebagai khalifatullah adalah seseorang yang mampu memakmurkan bumi dan segala isinya serta memberi manfaat bagi umat manusia disertai amar ma’ruf nahi munkar dengan tujuan untuk memperoleh keselamatan di dunia dan di akhirat.
ANALISIS KARAKTERISTIK GAYA BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS ANGKATAN 2016 STKIP BINA BANGSA GETSEMPENA BANDA ACEH Syarfuni Syarfuni; Verawati Verawati
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 8, No 1 (2017): GENTA MULIA : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (70.46 KB)

Abstract

Salah satu karakteristik belajar yang berkaitan dengan menyerap, mengolah, dan menyampaikan informasi tersebut adalah gaya belajar peserta didik. Gaya belajar merupakan modalitas belajar yang sangat penting. Informasi terkait karakteristik gaya belajar mahasiswa yang akan diajari, sangat penting bagi dosen untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya. Mahasiswa juga akan lebih mudah memotivasi dirinya dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan bahasa Inggris angkatan 2016. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket/kuesioner yang akan diisi oleh subjek penelitian. Angket gaya belajar ini diisi oleh sebanyak 42 subjek penelitian. Hasil analisis gaya belajar didominasi oleh gaya belajar gabungan auditori dan kinestetik 25% Visual 12%, 20% auditori, 24% kinestetik, 7% gabungan visual dan auditori, 12% gabungan visual dan kinestetik. Dengan demikian, dominasi kecenderungan gaya belajar mahasiswa adalah gaya belajar auditori dan kinestetik.

Page 1 of 54 | Total Record : 539