Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 9, No 2 (2018): GENTA MULIA : Jurnal Ilmiah Pendidikan

IMPLEMENTASI PENDEKATAN LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA DI KELAS IV SD NEGERI PAYA PEUNAGA

Febry Fahreza (Unknown)
Junikar Junikar (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2018

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan  untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan lesson study terhadap karakter siswa dalam pembelajaran PKn di kelas IVB SD Negeri Paya Peunaga, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penerapan pendekatan lesson study pada siswa kelas IVB SD Negeri Paya Peunaga, sebagai upaya menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab pada pembelajaran PKn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah IV/B SD Negeri Paya Peunaga sebanyak 28 (dua puluh delapan) siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data adalah Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display). Dari hasil penelitian ditemukan terdapat penerapan pendekatan lesson study terhadap karakter disiplin dan tanggung jawab siswa memiliki dampak positif dalam meningkatkan terhadap karakter disiplin dan tanggung jawab siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu sebelum perbaikan (14,28%), siklus I (64,28%), siklus II (85%). Jadi kesimpulan pembahasan adalah penerapan pendekatan lesson study memiliki dampak positif terhadap kerjasama antara siswa, hal ini ditunjukkan adanya tanggung jawab dalam kelompok dimana siswa yang lebih mampu mengajari temannya yang kurang mampu. Kata kunci: Pendekatan Lesson Study, Karakter

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

gm

Publisher

Subject

Aerospace Engineering

Description

Jurnal Ilmiah dengan fokus semua bidang Pendidikan (pendidikan dasar hingga perguruan tinggi). Journal ini di publish secara berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan ...