Abstrak:Tujuan Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kompetensi guru sekolah dasar bersertifikat pendidik di aceh selatan. Metode Penelitian dilakukan di enam Kecamatan yaitu Kecamatan Samadua, Tapaktuan, Sawang, Meukek, Labuhan Haji Timur dan Labuhan Haji di kabupaten Aceh Selatan. Dengan total sekolah dasar berjumlah 14 sekolah yang tersebar. Sampel penelitian adalah semua guru dari satu sekolah dasar yang telah memiliki sertifikasi pendidik. Pendekatan penelitian digunakan secara kualitatif. Penelitian dilakukan pada bulan januari hingga april tahun 2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian yaitu angket dan dokumentasi. Angket terdiri dari 18 pertanyaan. Analisis data yang dilakukan setelah data terkumpul adalah pengukuran skala, dan pemberian skor pada setiap jawaban yang diperoleh. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert.Teknik pengumpulan data mengunakan angket dan dokumentasi.Selanjutnya untuk dapat mengetahui kompetensi dan kemampuan guru sekolah dasar bersertifikat pendidik maka dilakukan proses analisis dengan teknik menggunakan rumus porsentase. Disimpulkan bahwa guru bersertifikat pendidik di aceh selatan memiliki kemampuan yang sangat baik dalam kategori skor 5 dengan frekuensi 12 kali perolehan porsentase tertinggi pada total butir pertanyaan yang diajukan. Selain itu memiliki kategori sedang pada skor 3 dan 4 dengan frekuensi 3 kali perolehan porsentase tertinggi pada total butir pertanyaan yang diajukan.Kata-kata kunci: Kompetensi Guru, sertifikat pendidikan, guru sekolah dasar
Copyrights © 2018