Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan minat belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hipotesis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan minat belajar IPA kelas IV SD Negeri Suak Timah. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 orang siswa. Adapun teknik pengumpulan data adalah melalui tes hasil belajar siswa, lembar observasi aktifitas siswa, lembar observasi pembelajaran aktifitas guru, dan angket minat belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah “Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan minat belajar IPA kelas IV SD Negeri Suak Timah”. Hal ini terbukti dengan meningkatnya persentase minat belajar pada pra siklus peneliti melihat sangat kurangnya minat belajar siswa dalam pembelajaran hal itu disebabkan karena siswa belum terbiasa dengan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru, setelah di laksanakan siklus I minat belajar siswa sudah meningkat tapi belum optimal oleh karena itu peneliti mengadakan siklus II. pada siklus II minat belajar siswa sangat tinggi hal ini terbukti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Copyrights © 2019