ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Bagaimanakah Upaya Penerapan Pendekatan Lesson Study Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Motivasi Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Materi Faktor-Faktor Lingkungan di Kelas III SD Negeri 1 Simpang Peut Tahun 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas III sebanyak 25 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif, komperatif dengan membandingkan diskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I. Dengan penerapan Pendekatan Lesson Study Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Motivasi Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) MateriPermukaan Bumi di Kelas III SD Negeri 1 Simpang Peut Tahun 2017. Pada akhir siklus I diketahui telah terjadi peningkatan rata-rata kelas 50,00% yaitu dari rata-rata tes kondisi awal 47,18 menjadi 74,68. Sedangkan ketuntasan siswa ada peningkatan sebesar 150% dari kondisi awal yang sudah tuntas hanya 7 siswa menjadi 18 siswa. Dengan demikian sebagian prestasi belajar pada materi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Materi Permukaan Bumi di Kelas III SD Negeri 1 Simpang Peut Tahun 2017 dapat tercapai dengan baik. Kata-kata Kunci :Pembelajaran IPA, Permukaan Bumi.
Copyrights © 2019