Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 5, No 1 (2018): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA SD MELALUI PENDEKATAN PROSES

Nina Hastina (Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara, Jln. H. A, Manaf Lubis No. 2 Gaperta Ujung Medan Helvetia)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2018

Abstract

Abstrak: Penelitian ini untuk mengungkapkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD berdasarkan aplikasi pendekatan proses yang dilaksanakan guru dalam kegiatan pembelajaran menulis puisi siswa. Metode yang digunakan dalam mengungkapkan hal ini melalui penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas V SD dengan mengumpulkan data yang terdiri dari tes keterampilam menulis puisi. Dari data yang diperoleh menjawab bahwa penggunaan pendekatan  proses terhadap pembelajaran menulis puisi lebih baik diterapkan dibanding pendekatan hasil pada pembelajaran keterampilan menulis puisi. Hal ini ditunjukkan berdasar hasil analisis varians kedua pendekatan menunjukkan F hitung sebesar 2.10 > dari harga F tabel 1.86 pada taraf signifikansi α 0.05 sehingga H  ditolak. Kata-kata kunci: Pendekatan Proses, Pendekatan Hasil, Menulis Puisi Siswa SD

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Other

Description

Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret ...