Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 5, No 1 (2018): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP PERBANDINGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM)

Anugrah Mulia Tampubolon (STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi, Jln. Gatot Subroto Km 3 No. 3 Kota Tebing Tinggi Sumatera Utara Telp. ( 0621 ) 21428)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2018

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V dalam konsep perbandingan. Penelitian ini dilakukan di SD IT Zahira Medan pada bulan Oktober-Januari 2018 di kelas V dengan subjek penelitian berjumlah 25 siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus memuat tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dalam konsep perbandingan kelas V di SD IT Zahira Medan Sumatera Utara. Hal ini terbukti pada kondisi awal dari 25 siswa hanya terdapat 10 siswa atau 40% yang mencapai nilai KKM, sedangkan 15 siswa atau 60% belum mencapai KKM. Pada siklus I diperoleh hasil nilai rata-rata 66,52 dengan hasil belajar klasikal 44%, artinya 11 siswa telah mencapai KKM dan pada siklus II meningkat nilai rata-rata menjadi 82,60 dengan hasil belajar klasikal 100% artinya terdapat 25 siswa telah mencapai KKM. Selain itu kegiatan siswa dan guru yang diamati pada lembar pengamatan  juga  mengalami  peningkatan  yang  signifikan.  Hal  ini  dibuktikan dengan hasil pengamatan yang diperoleh bahwa kegiatan guru pada siklus I adalah 66 atau cukup baik dan meningkat menjadi 88 atau baik. Kegiatan siswa pada siklus I adalah 64 atau cukup baik meningkat menjadi 87 atau baik. Kata-kata kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), hasil belajar, siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Other

Description

Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret ...