ABSTRAK: Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model Talking Stick pada pembelajaran IPS materi jasa dan peranan tokoh pejuang dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dikelas V SD Negeri 20 Meulaboh dan untuk mengetahui apakah penerapan model Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi jasa dan peranan tokoh pejuang dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada Siswa Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 22 orang. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tenik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian pada tahap pra tindakan hanya 8 orang siswa atau 36,4% siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata keseluruhan siswa adalah 58,2. Pada siklus I ada 13 siswa atau 59,1% yang mengalami ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata keseluruhan siswa adalah 67,9. Pada siklus II, 19 siswa atau 86,4% telah mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata siswa adalah 79,1. Hasil Observasi kegiatan guru pada siklus I adalah 72,5% termasuk dalam kategori baik sedangkan pada siklus II mencapai 83,75% dalam kategori sangat baik. Hasil pengamatan siswa secara klasikal pada siklus I termasuk dalam kategori baik, mengalami perubahan pada siklus II, yaitu dalam kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adala hasil belajar IPS pada materi jasa dan peranan tokoh pejuang dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dapat ditingkat melalui penerapan model Talking Stick pada Siswa Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Kata Kunci :Talking Stick, Hasil Belajar, IPS.
Copyrights © 2018